Thursday, November 28, 2019

Jenis Penyakit Kardiovaskuler yang Harus Diwaspadai


Penyakit kardiovaskuler merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiocaskuler yang paling benyak diantaranya adalah penyakit jantung dan stroke. Meskipun begitu ada juga jenis penyakit kardiovaskuler yang lainnya.

Berdasarkan data yang dimiliki World Health Organization (WHO), angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler mencapai 17,6 juta jiwa di setiap tahun. Penyakit ini umumnya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, jarang berolahraga, dan kebiasaan mengonsumsi alkoohol secara berlebihan.

Pada dasarnya sistem kardiovaskuler sendiri memiliki fungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Namun, ketika ada gangguan atau penymbatan di bagian tersebut, maka sirkulasi darah di tubuh dapat mengalami ganguan dan menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit kardiovaskuler.

Berikut ini beberapa jenis penyakit kardiovaskuler yang perlu Anda waspadai :

  • Penyakit Jantung Koroner (PJK)


Penyakit jantung koroner merupakan kondisi di mana pembuluh arteri koroner mengalami penyumbatan dan penyempitan yang disebabkan oleh penumpukan plak. Kondisi ini dapat menyebabkan pasokan darah menuju jantung menjadi berkurang. Jika tidak segera mendapatkan penganganan yang tepat, maka penyakit ini dapat menyebabkan masalah lainnya, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan aritmia.

Baca Juga : Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

  • Aritmia


Aritmia merpakan suatu kondisi di mana detak atau ritme jantung berada dalam keadaan yang tidak normal, bisa jadi terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur. Aritmia sendiri dapat terjadi ketika impuls elektrik yang berfungsi sebagai pengatur detak jantung tidak bekerja dengan baik.

  • Kardiomiopati


Kardiomiopati merupakan gangguan pada otot jantung. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi serius, seperti gagal jantung, henti jantung, gangguan katup jantung, dan penggumpalan darah.

  • Penyakit Arteri Perifer


Penyakit arteri perifer merupakan kondisi di mana aliran darah menuju kaki tersumbat akibat adanya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri. Kondisi ini menyebabkan kaki kekurangan suplai darah, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit ketika berjalan.

  • Stroke


Stroke merupakan kondisi di mana pasokan darah menuju otak terganggu akibat adanya penyumbatan atau pecah pembuluh darah. Jika tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, maka otak juga tidak akan mendapat asupan nutrisi dan oksigen. Pada akhirnya, sel-sel pada otak mengalami kerusakan.

  • Trombosis Vena Dalam


Trombosis vena dalam merupakan kondisi di mana adanya gumpalan darah yang terdapat di pembuluh darah vena. Umumnya, kondisi ini terjadi di bagian paha dan betis. Dalam beberapa kasus, gumpalan darah tersebut dapat mengalir ke paru-paru dan menyebabkan komplikasi serius, seperti emboli paru-paru.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kanker/

Disqus Comments