Thursday, November 14, 2019

3 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil


Seputarherbal.com - Dalam masa kehamilannya, para Ibu hamil tentunya harus senantiasa menjaga pola makan salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak asupan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Namun, apakah Anda sebagai Ibu hamil sering atau pernah mengonsumsi tomat selama masa kehamilan? Yap! Tomat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat, khususnya untuk Ibu hamil. Lantas, apa saja manfaat tomat untuk Ibu hamil? Simak ulasan berikut.

Sebelum membahas manfaat tomat bagi Ibu hamil, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam tomat itu sendiri. Pada dasarnya, tomat memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, terutama kesehatan Ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandugan. Kandungan nutrisi yan terdapat pada tomat diantaranya adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin C, asam folat,  likopen, thiamin, dan niasin.

Selain itu, tomat juga dilengkapi dengan berbagai kandungan mineral, seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan tembaga. Tomat juga secara alami memiliki kandungan sodium, lemak jenuh, dan kadar kolesterol yang rendah. Maka dari itu, tomat sangat aman untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. 

Berikut ini manfaat tomat untuk kesehatan Ibu hamil dan calon buah hatinya :

  • Melancarkan Pencernaan


Buah tomat sering kali digunakan untuk menu tambahan, seperti  dalam lalapan, sayur, atau dibuat menjadi sambal. Namun ternyata di balik itu semua, tomat merupakan buah yang mengandung serat tinggi. Maka dari itu, konsumsi tomat sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat membantu mengatasi sembelit, yang mana sering kali dialami oleh Ibu hamil, terutama di awal masa kehamilan.


Selain itu, kandungan serat pada tomat juga dapat membantu mendorong gerak peristaltik pada otot-ototo pencernaan, sehingga proses pembuangan sisa-sisa makanan di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

  • Sumber Vitamin C yang Baik


Selain jeruk, tomat juga merupakan salah satu buah-buhan sumber vitamin C yang baik, khususnya untuk Ibu hamil. Kandungan vitamin C pada tomat mampu membantu penyerapan zat besi yang berfungsi membentuk plasenta dan sel darah merah di dalam tubuh. Oleh sebab itu, buah tomat sangat berperan aktif dalam membantu perkembangan janin, seperti pembentukan kulit, gigi, dan gusi pada janin. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Ibu hamil selama masa kehamilannya.

  • Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi Janin


Manfaat lain dari mengonsumsi tomat bagi Ibu hamil adalah, dapat mencegah terjadinya masalah pada kehamilan, seperti pengeroposan tulang pada Ibu hamil. Hal ini disebabkan karena tomat memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada tomat juga dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Dengan mengonsumsi tomat secara rutin, maka kebutuhan kalsium selama masa kehamilan pun akan tercukupi. Anda dapat mengonsumsi tomat secara langsung atau membuatnya menjadi jus. Mengonsumsi tomat secara rutin mampu meminimalisir masalah yang mungkin terjadi selama masa kehamilan.


Disqus Comments