Friday, November 15, 2019

3 Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal


Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal. Daun seledri merupakan jenis daun yang kerap digunakan sebagai penambah aroma pada masakan ataupun menjadi hiasan di menu masakan. Seledri dapat membuat sebuah menu menjadi lebih nikmat. Namun, dibalik itu semua, ternyata daun seledri memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan ginjal Anda. Lantas, apa saja manfaat seledri untuk kesehatan ginjal? Simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Daun seledri memiliki nama lain, yaitu Apium graveolens. Biasanya, orang-orang mengonsumsi seledri sebagai menu diet mereka, seperti diolah menjadi jus atau dijadikan sebagai pendamping menu utama. Daun seledri juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang beragam. Diantaranya adalah vitamin C, vitamin K, zat besi, asam folat, dan lain-lain.

Dengan nutrisi yang dimilikinya, seledri ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan ginjal Anda. Berikut ini beberapa manfaat seledri untuk kesehatan ginjal :

  • Mengoptimalkan Fungsi Ginjal


Sudah bukan rahasia lagi, jika ginjal merupakan salah satu tumbuhan sumber antioksidan yang baik. Lantas, apa manfaat antioksidan untuk ginjal?

Pada dasarnya, antioksidan merupakan zat efektif yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga dinilai memiliki potensi dalam mencegah munculnya masalah pada ginjal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan University of Alabama pada tahun 2011, antioksidan mampu meningkatkan fungsi ginjal sebanyak 30 persen pada penderita penyakit ginjal kronis.

  • Mengandung Flavonoid yang Baik untuk Ginjal


Daun seledri juga memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Kandungan flavonoid pada seledri dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa flavonoid dapat membantu melindungi ginjal dari berbagai agen nefrotostik yang dapat memicu penyakit ginjal kronis dan cedera ginjal akut.

Selain itu, flavonoid juga dapat membantu mencegah penyakit ginjal yang berkaitan dengan hipertensi secara efektif, dengan cara menurunkan tekanan darah, serta bereaksi terhadap parenkim ginjal.

Baca Juga : 4 Gejala yang Dialami Penderita Batu Ginjal

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Banyak yang belum mengetahui jika tekanan darah tinggi (hipertensi) memiliki hubungan yang erat dengan fungsi ginjal. Hal ini disebabkan karena, hipertensi dapat merusak pembuluh darah pada ginjal, sehingga ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. Dengan begitu, ginjal akan kesulitan dalam membuang sisa-sisa makanan dan cairan di dalam tubuh.

Nah, manfaat daun seledri adalah untuk membantu meregangkan jaringan pembuluh darah yang mengalami penyempitan akibat tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena seledri memiliki kandungan phtalide yang dapat meregangkan pembuluh darah tersebut, sehingga tekanan darah akan berkurang dan ginjal pun dapat berfungsi dengan baik.

  • Memiliki Kadar Sodium yang Rendah


Daun seledri memiliki kandungan sodium yang sangat rendah. Hal ini tentunya akan berdampak baik pada fungsi ginjal. Pasalnya, apabila tubuh mengandung kadar sodium berlebih, maka hal tersebut akan mengganggu kinerja ginjal. Denagn mengonsumsi seledri secara rutin, jumlah sodium di dalam tubuh pun akan berkurang, sehingga ginjal menjadi lebih sehat.

https://lingshenyao.id/obat-kista-bartholin/
Disqus Comments