Wednesday, November 27, 2019

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan


Manfaat Daun Kemangi. Daun kemangi merupakan daun yang seingkali dijadikan lalapan untuk menambah cita rasa pada makanan. Namun, dibalik itu semua, ternyata daun memiliki sejumlah manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Lantas, apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dari daun kemangi? Simak ulasan di bawah ini.

Daun kemangi merupakan tanaman yang tumbuh subur di negara yang memiliki iklim tropiss. Daun ini biasanya dimanfaatkan sebagai campuran bahan manakan. Meskipun begitu, tanaman ini juga dipercaya sebagai bahan alami dalam pengobatan tradisional, seperti untuk mengobati luka bakar, diare, sakit kepala, sakit perut, demam, batuk, pilek, gigitan serangga, hingga sebagai antibakteri. Sayangnya, bukti dalam penelitian medis yang menunjukan efektivitas daun kemangi dalam mengobati penyakit masih sangat minim.

Daun kemangi memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti air, protein, karbohidrat, serat, antioksidan lutein dan zeaxanthin. Tak hanya itu, daun kemangi juga dilengkapi dengan nutrisi penting lainnya, seperti, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, folat, fosfor, meskipun jumlahnya tidak banyak.


Dengan kandungan yang dimilikinya, membuat daun kemangi juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah :

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun kemangi diketahui memiliki sifat antivirus, antijamur, dan dapat meredakan nyeri secara efektif. Maka dari itu, daun kemangi kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati dan mencegah terjadinya infeksi pada luka. Namun, penelitian terkait manfaat daun kemangi terhadap penyembuhan luka masih sebatas studi pada hewan. Sementara manfaat sebagai obat luka pada manusia masih perlu diteliti lebih dalam.

  • Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi dapat membantu mencegah terjadinya gejala akibat adanya luka di lambung. Tak hanya itu, daun kemangi juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang berfungsi untuk melindungi dinding lambung.

  • Menurunkan Gula Darah

Banyak orang yang kurang tertarik untuk mengonsumsi daun kemangi lantaran aromanya yang menyengat. Meskipun begitu, ternyata daun kemangi memiliki khasiat untuk membantu menurunkan gula darah di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kemangi secara teratur, dapat membantu Anda dalam mengontrol gula darah.

  • Mencegah bau Mulut dan bau Badan

Manfaat lain dari daun kemangi adalah dapat membantu mencegah bau mulut dan bau badan.Anda dapat mengonsumsi daun kemangi secara langsung atau membuat air rebusan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas, kemudian meminumnya secara rutin.


Disqus Comments