Monday, November 11, 2019

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Tawon


Cara Mengobati Sengatan Tawon. Kulit yang terkena sengatan tawon sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja, sebab kondisi ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui pertolongan pertama dan obat digigit tawon, agar dapat mengatasi sekaligus mencegah reaksi serius akibat sengatan tawon.

Biasanya, sengatan tawon dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, pada orang yang menderita alergi, sengatan tawon dapat berlanjut menjadi reaksi syok  yang dapat menyebabka kehilangan kesadaran atau bahkan kematian (syok anafilaktik). Kondisi ini tentunya merupakan kondisi darurat dan tergolong berbahaya, sehingaa harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Jika kulit Anda atau orang disekitar Anda tersengat tawon, maka berikut ini beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan :

  • Keluarkan Sengatan Sesegera Mungkin


Jika terdapat duri sengat yang masih menempel di bagian kulit, maka Anda harus segera mengeluarkannya. Caranya adalah dengan menggunakan benda pipih berujung datar seperti kartu, guna menekan ujung sengat yang tertanam di dalam kulit, kemudian dorong keluar.

Sebaiknya Anda tidak menjepit duri sengat dengan pinset ataupun jari. Sebab, hal tersebut berisiko mendorong sengat masuk lebih dalam dan menyebabkan racun yang tersisa pada duri sengat tersebut masuk melalui kulit.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

  • Lepaskan Semua Perhiasan


Jika tersengat tawon, sebaiknya Anda lepas semua perhiasan atau aksesoris, seperti gelang, cincin, karet, atau benda lainnya yang ada di tangan, kaki, maupun bagian tubuh lain yang tersengat. Hal ini dilakukan karena, jika bagian yang tersengat membengkak, maka akan semakin sulit untuk melepaskannya.

  • Kompres Area Sengatan dengan Es


Setelah duri sengat berhasil dikeluarkan, maka Anda dapat mengompres bagian yang terkena sengatan dengan es batu yang dibalut dengan kain bersih selama 20 menit. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan sekaligus membantu meredakan nyeri akibat sengatan tawon.

  • Konsumsi obat Disengat Tawon


Untuk mengurangi rasa nyeri akibat gigitan tawon, Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri, seperti paracetamol atau obat golongan anti inflamasi non steroid (OAINS), yang tentunya sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Selain itu, Anda juga dpat menggunakan obat golongan antihistamin atau menggunakan baking soda untuk membantu mengurangi rasa gatal di bagian yang tersengat.

Selain penanganan di atas, Anda juga perlu memastikan agar bagian yang terkena sengatan tetap berada dalam keadaan bersih, agar terhindar dari infeksi. Sengatan tawon atau lebah biasanya akan membaik dalam waktu 2-5 hari.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-kandungan/
Disqus Comments