Sunday, November 10, 2019

6 Manfaat Air Rebusan Sereh bagi Kesehatan


Sereh merupakan tanaman herbal yang memiliki aroma harum dan menenangkan. Selain memiliki aroma yang khas, sereh juga memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena sereh memiliki beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C, magnesium, kalium, zat besi, dan zat antioksidan. Untuk memperoleh manfaat dari sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sereh. Biasanya, orang-orang mengonsumsi sereh dengan cara minum air rebusannya. Pasalnya, mengonsumsi air rebusan sereh dinilai sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat air rebusan sereh untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa manfaat minum air rebusan sereh untuk kesehatan :

  • Menangkal Radikal Bebas


Sereh memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi, seperti asam klorogenat, swertiajaponin, dan isoorientin, yang dapat membantu melawan zat-zat radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

  • Mengendalikan Tekanan Darah


Sereh merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena, sereh memiliki kandungan kalium yang dapat membantu meningkatkan produksi urin di dalam tubuh dan merangsang sirkulasi darah. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, maka kesehatan organ hati pun akan terjaga. Selain itu, mengonsumsi air rebusan sereh secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga : Manfaat Air Rebusan Kunyit untuk Kecantikan

  • Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak


Air rebusan sereh merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena, sereh dapat membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat. Dengan begitu, kalori di dalam tubuh pun dapat dibakar dengan jumlah yang cukup banyak. Selain itu, sereh juga dapat meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak di dalam tubuh.

  • Mengatasi Gigi Berlubang


Manfaat lain dari rebusan sereh adalah, dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena zat antimikroba yang terdapat pada sereh dapat membantu melawan bakteri berbahaya, seperti Streptococcus mutans secara efektif.

  • Mengatur Fungsi Otot


Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat pada sereh juga bermanfaat dalam mengatur fungsi otot, jantung, dan juga saraf. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sereh secara rutin, maka dapat membantu menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

  • Meredakan Nyeri Haid


Nyeri haid tentunya merupakan suatu masalah yang cukup mengganggu bagi wanita. Nah, maka dari itu, sereh dapat dijadikan solusi untuk mengatasi nyeri haid yang Anda alami. Pasalnya, mengonsumsi air rebusan sereh dapat membantu mengurangi nyeri haid karea efek menenangkan yang dimiliki tanaman tersebut.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/
Disqus Comments