Wednesday, November 20, 2019

3 Gerakan Olahraga Pasca Stroke


Olahraga Pasca Stroke. Stroke merupakan penyakit yang terjadi akibat aliran darah menuju otak terhambat, sehingga menyebabkan terganggunya fungsi kognitif. Hambatan pada aliran darah tersebut dapat terjadi akibat adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Oleh sebab itu, penderita stroke memerlukan perawatan dan terapi khusus, termasuk pasca stroke. Salah satu terapi pasca stroke yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga. Lantas, olahraga apa saja yang dapat dilakukan penderita stroke? Simak ulasan di bawah ini.

Pada dasarnya, obat untuk menyembuhkan gangguan kognitif pasca stroke hingga saat ini masih belum ditemukan. Maka dari itu, para ahli medis menyarankan agar penderita stroke yang baru sembuh atau dalam perawata untuk melakukan olahraga tertentu. Hal ini disebabkan karena, berdasarkan penelitian, olahraga dinilai lebih efektif dalam membantu pemulihan kemampuan kognitif dan motorik pasien, seperti mengingat, berpikir, dan focus. Selain itu, olahraga juga mampu mengubah sel yang tadinya pasif kembali menjadi aktif.

Menurut American Heart Association, ada beberapa jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kamampuan gerak, fleksibilitas tubuh, kemampuan otot, kesehatan kognitif, dan kualitas hidup pada pasien stroke.

Berikt ini beberapa jenis olahraga pasca stroke yang perlu Anda ketahui :

  • Berjalan Kaki


Untuk memulihkan kondisi fisik pasca stroke sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah, yakni dengan berjalan kaki. Pasalnya, berjalan kaki dapat memulihkan mobilitas, fisik dan kualitas hidup penderita stroke secara efektif. Maka dari itu, Anda dapat memulainya dengan melakukan olahraga ringan ini.

Baca Juga : Pertolongan Pertama pada Gejala Stroke Ringan

  • Berenang


Selain berjalan kaki, berenang juga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan guna memulihkan kondisi fisik dan kognitif pasca stroke. Bahkan, berenang cenderung lebih sesuai untuk dilakukan oleh mereka yang baru saja sembuh dari stroke, nemun belum dapat menggerakan anggota tubuhnya dengan sempurna. Hal ini disebabkan karena olahraga dalam air ini dapat membuat tubuh terasa lebih ringan dan mudah digerakkan.

Selain itu, manfaat lain dari berenang bagi pencerita stroke adalah, dapat membantu menyembuhkan saraf yang terganggu akibat stroke, dengan cara merangsang sel-sel sensorik pada otak. Berenang juga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan asupan oksigen ke otak, relaksasi tubuh, dan mengembalikan kemampuan motorik.

  • Bersepeda


Bersepeda juga merupakan kegiatan olahraga yang dapat dijadikan pilihan bagi penderita stroke. Olahraga ini juga berguna untuk mengembalikan mobilitas fisik, kognitif, dan kualitas hidup. Dengan bersepeda secara rutin tiap pagi, maka dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pasca stroke.Selain itu, bersepeda juga dapat memberikan sejumlah manfaat lain, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan membakar kalori delam jumlah yang lebih banyak.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/
Disqus Comments