Wednesday, October 2, 2019

Macam-Macam Warna Darah Menstruasi yang Harus Anda Ketahui


Warna darah menstruasi atau darah haid kerap menjadi pertanyaan bagi para wanita. Apakah warna darah tersebut normal, atau malah sebaliknya? Lantas bagaimana warna darah haid yang normal? Semuanya akan di bahas dalam artikel ini.

Menstruasi atau haid biasanya dialami oleh wanita usia 11 tahun keatas. Proses terjadinya menstruasi bisa terjadi selama 3 hingga 5 hari di setiap bulan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa darah yang keluar pada saat haid bukan berasal dari rahim Anda, melainkan berasal dari sel telur yang tidak berhasil dibuahi. Kondisi ini membuat kadar hormoon esterogen dan progesteron menurun, sehingga dinding rahim pun luruh menjadi darah haid. Nah, proses peluruhan dan situasi di dalam rahim lah yang akan berpengaruh terhadap warna darah saat menstruasi.

Berikut ini macam-macam warna darah haid beserta penjelasannya :

  • Warna Darah Haid Merah Tua atau Coklat


Warna darah haid merah tua atau coklat biasanya terdapat di saat awal dan akhir masa menstruasi. Jika Anda memiliki warna darah ini di masa awal dan akhir menstruasi, itu artinya normal. Pada dasarnya, sarah haid tidak keluar secara deras pada awal dan akhir menstruasi. Hal ini disebabkan karena darah butuh waktu lebih lama dari uterus.

Baca Juga : benarkah nyeri haid berlebihan pertanda ada penyakit

  • Warna Darah Haid Merah Terang


Saat haid sudah memasuki hari kedua atau ketiga, maka warna darah haid biasanya akan berubah menjadi lebih terang. Hal ini disebabkan karena, ketika itu, dinding rahim melepaskan sel telur yang tidak berhasil dibuahi dengan sangat cepat, sehingga tidak ada kesempatan bagi molekul lain untuk membuat warnanya menjadi gelap.

  • Warna Darah Haid Merah Muda atau Pink


Warna darah haid pink ini biasanya keluar dalam bentuk bercak pendarahan. Menurut pakar Ilmu keperawatan di New York, Amerika Serikat, Margaret Romero, warna darah haid pink terjadi akibat kurangnya kadar hormon esterogen di dalam tubuh. Terlebih jika disertai dengan volume darah yang sangat sedikit serta jadwal menstruasi yang tidak teratur. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dapat menyebabkan badan lemas, vagina kering, hingga kehilangan gairah seks. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

  • Warna Darah Haid Merah Keabuan


Jika darah haid yang keluar berwarna merah keabuan, maka jangan ragu untuk segera periksa ke dokter. Sebab, kondisi ini bisa jadi merupakan gejala infeksi atau tanda-tanda keguguran ketika Anda tidak sadar bahwa Anda sedang hamil.

  • Warna Darah Haid Hitam


Jika darah haid yang keluar berwarna hitam, maka jangan dulu panik. Sebab, darah haid memang dapat keluar dengan warna cokelat gelap atau hitam. Dalam kebanyakan kasus, warna darah haid hitam bisa dikatakan normal. Pasalnya, darah haid hitam atau cokelat tua merupakan darah lama yang tersisa dari menstruasi bulan lalu. Oleh sebab itu, keluar darah haid berwarna hitam menandakan bahwa tubuh sedang berusaha membersihkan diri.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-serviks-herbal/


Disqus Comments