Monday, October 7, 2019

Tren Curhat Sadfishing dan Manfaat Curhat yang Perlu Anda Ketahui


Tren Curhat Sadfishing. Saat ini, sosial media merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari anak-anak muda jaman sekarang. Bahkan, tak jarang mereka mencurahkan seluruh isi hatinya (curhat) di media sosial yang mereka miliki. Padahal, hal tersebut justru membuat para remaja rentan dilecehkan atau di bully di dunia maya.

Tren curhat ini dikenal dengan sadfishing, yaitu ketika seseorang mengunggah isi hati atau masalah emosional sebagai usaha untuk menarik simpati, perhatian, hingga menggaet audiens. Namun, sayangnya cara ini justru dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental anak-anak maupun remaja. Pasalnya, curhat sadfishing ini dapat memicu kritikan dan penolakan dari banyak orang yang aktif di media sosial. 

Dalam  beberapa kasus, kritikan atau penolakan yang diterima cenderung dapat merusak harga diri remaja yang sedang dalam kondisi rapuh. Bahkan, pada akhirnya hal ini juga dapat berujung kepada "pelecehan seksual" online. Maka dari itu, penting bagi remaja untuk mendapat pelajaran mengenai penggunaan media sosial yang baik dan benar. Selain itu, peran orang tua juga sangat penting untuk memantau buah hati mereka dalam menggunakan gadget, khususnya dalam menggunakan media sosial.

Pada dasarnya, curhat atau curahan hati adalah suatu kondisi di mana seseorang mencoba untuk menceritakan sesuatu kepada orang-orang yang dekat dan dipercaya. Hal-hal yang diceritakan pun bermacam-macam, mulai dari masalah pekerjaan, keluarga, pasangan, dan lain sebagainya. Kebanyakan orang yang mencurahkan isi hati mereka adalah dengan tujuan untuk mendapatkan solusi dari orang lain. Namun, ada juga beberapa orang yang hanya ingin menarik simpati dan perhatian.


Di samping fenomena sadfishing, sebenarnya curhat memiliki beberapa manfaat. Diantaranya adalah :

  • Mengurangi Beban

Curhat atau bercerita dengan teman atau kerabat yang dipercaya terbukti dapat mengurangi beban yang Anda rasakan. Pasalnya, ketika bercerita dengan teman seolah-olah Anda sedang meluapkan dan mengeluarkan segala isi hati yang membuat pikiran Anda kacau. Dengan begitu, hati dan pikiran Anda akan terasa lebih tenang.

  • Menjadi Lebih Kuat

Curhat tidak harus selalu mendapatkan solusi dari orang lain, melainkan juga untuk mendapatkan dukungan dari orang lain agar Anda tetap kuat dalam menghadapi suatu masalah. Kata-kata atau kalimat seperti "semangat", "kamu pasti bisa", atau "jangan menyerah" yang diberikan oleh teman-teman dan kerabat tentunya dapat membuat Anda lebih semangat.

  • Mendapat Pandangan Baru

Menderngarkan isi hati orang lain dari siapapun itu, akan melatih diri Anda untuk berpikir lebih realistis, kronologis, serta membantu mendapatkan pandangan baru terhadap suatu masalah.


Disqus Comments