Tuesday, October 15, 2019

Penyebab Sakit Rahang Hingga Tidak Bisa Mengunyah


Rahang Sakit saat Mengunyah. Sakit rahang merupakan kondisi dimana bagian rahang dan wajah terasa nyeri. Penyebab dari kondisi ini bermacam-macam, sehingga cukup sulit untuk mendiagnosis dan mengatasinya. Biasanya, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh yang meliputi X-ray, untuk mengetahui secara pasti apa penyebab rasa sakit di rahang.

Sakit rahang juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengunyah makanan dan berbicara, bahkan Anda akan merasakan nyeri ketika tertawa. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab sakit rahang, agar dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Pada dasarnya, sakit rahang disebabkan oleh kelainan atau cedera pasa sendi rahang. Namun, kondisi-kondisi ini juga dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian rahang dan sekitarnya. Diantaranya adalah :

  • Gangguan Kesehatan Gigi


Adanya masalah atau gangguan kesehatan pada gigi, seperti gigi berlubang, gigi rusak, celah gigi, distorsi gigi, gigi tidak rata, hingga penyakit gusi juga dapat menyebabkan sakit rahang.

  • Sinusitis


Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada jaringan sinus di dekat sendi rahang. Dalam keadaan normal, sinus dilapisi dengan lapisan lendir tipis yang berguna untuk mengangkap debu, kuman, atau partikel-partikel lain dari udara. Namun, ketika sinus tersumbat, maka kuman, virus, bakteri, atau jamur dapat tumbuh dan berkembang sehingga menyebabkan infeksi. Sinus yang terinfeksi menyebabkan tekanan pada sendi rahang, sehingga menyebabkan rasa sakit di area tersebut.

  • Sakit Kepala Cluster


Sakit kepala cluster merupakan salah satu jenis sakit kepala yang amat sangat menyakitkan. Rasa sakit yang timbul akibat sakit kepala ini biasanya kuat dan tetap. Selain itu, rasa sakit ini sering pindah ke bagian dahi, pelipis, pipi, hingga menyebar ke area rahang.

Baca Juga : Cara Alami Menghilangkan Sakit Kepala

  • Osteomielitis


Osteomielitis merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada tulang, sumsum tulang, dan jaringan lunak di sekitar tulang. Dalam kondisi ini, bakteri masuk ke tulang melalui aliran darah setelah mengalami patah tulang, pneumonia, bisul, infeksi telinga bagian tengah, atau infeksi lainnya. Osteomielitis dapat terjadi dengan sangat cepat dan terasa amat menyakitkan atau juga terjadi secara perlahan dan menyebabkan sakit yang tidak terlalu parah.

  • Serangan Jantung


Mungkin Anda belum mengetahui bahwa ternyata serangan jantung juga dapat menyebabkan nyeri rahang, yang biasanya disertai dengan timbulnya rasa sakit di area tubuh bagian atas, seperti lengan, dada, punggung dan leher. Nyeri rahang yang menandakan serangan jantung biasanya muncul di sisi kiri wajah ketika serangan jantung terjadi, khususnya pada wanita. Jika ada yang mengalami kondisi ini, maka segeralah meminta bantuan medis.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-kista/
Disqus Comments