Wednesday, October 9, 2019

Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Skoliosis


Posisi Tidur untuk Penderita Skoliosis. Skoliosis adalah kelainan pada tulang berupa kelengkungan tulang belakang. Kondisi ini dapat dialami olah anak-anak maupun orang dewasa. Namun, biasanya skoliosis baru diketahui ketika penderita beranjak dewasa.

Memiliki kondisi tulang punggung bengkok akibat skoliosis tentunya membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas, bahkan ketika tidur sekalipun. Hal ini disebab kankarena kondisi tulang punggung yang melengkung ke kanan atau ke kiri, sehingga menyebabkan salah satu pinggul atau bahu jadi lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Skoliosis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi saraf, adanya kelainan bawaan, atau penyebab yang tidak diketahui. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa skoliosis dapat juga disebabkan akibat posisi tidur yang tidak benar. Lantas apakah benar begitu?

Menurunt para ahli, posisi tidur yang salah tidak lantas menyebabkan terjadinya masalah pada tulang seperti skoliosis. Namun justru sebaliknya, lengkungan tulang belakang yang tidak normal akibat skoliosis lah yang menyebabkan penderitanya tidak nyaman saat tidur. Maka dari itu, penting bagi penderita skoliosis untuk mengetahui posisi tidur yang nyaman agar kualitas tidur tetap terjaga.

Baca Juga : Jam Tidur Ideal untuk Bayi

Berikut ini posisi tidur yang baik bagi penderita skoliosis :

  • Tidur Miring


Lengkungan tulang punggung bagian atas merupakan salah satu jenis skoliosis yang paling sering ditemukan. Kondisi ini menyebabkan tulang belakang Anda cenderung melengkung ke sebelah kanan. Maka dari itu, untuk mengurangi tekanan pada area ini, cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping atau miring.

Tidur dengan posisi menyamping ini umumnya sama dengan orang yang tulang belakangnya normal. Namun, bedanya Anda harus meletakkan bantal tipis atau gulungan handuk kecil di bawah punggung bagian atas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada punggung yang dapat memperparah rasa sakit di punggung akibat skoliosis.

  • Tidur Telentang


Selain terjadi pada tulang belakang bagian atas, skoliosis juga dapat terjadi pada bagian bawah dan cukup umum terjadi pada masyarakat. Jika Anda mengalami skoliosis jenis ini, maka cobalah untuk tidur dengan posisi telentang.

Sama seperti posisi miring tadi, Anda juga perlu meletakkan bantal tipis atau gulungan handuk kecil tepat di bagian punggung bawah Anda.

Anda juga dapat meletakkan satu bantal kecil atau gulungan handuk di bagian leher. Hal ini bertujuan untuk menjaga tulang belakang agar tetap berada dalam posisi tidur yang lurus dan mencegah serangan nyeri di punggung.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kista-herbal/
Disqus Comments