Friday, October 11, 2019

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap yang Jarang Disadari


Bau badan merupakan suatu masalah yang dialami oleh banyak orang. Bahkan, bau badan dapat menyerang meskipun seseorang telah mandi maupun menggunakan pewangi tambahan. Lantas apa penyebab bau badan? Simak ulasan di bawah ini.

Pada dasarnya tubuh bernapas melalui pori-pori, apabila pori-pori tersumbat, maka napas tubuh yang seharusnya dikeluarkan malah terjebak di dalam keringat, sehingga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Namun, bukan berarti bau badan terjadi akibat keringat. Pasalnya, keringat sendiri merupakan cairan bening tidak berbau yang dikeluarkan dari dalam tubuh melalui pori-pori.

Keringat terdiri atas air, protein, garam, dan minyak. Sementara itu, penyebab keringat berbau atau bau badan adalah bakteri di luar cairan keringat itu sendiri. Bakteri penyebab bau badan biasanya berkembang biak di lingkungan yang lembap dan kaya akan nutrisi, Bau badan terjadi ketika bakteri tersebut mengubah keringat menjadi asam.

Selain bakteri, berikut ini penyebab bau badan yang lainnya :

  • Terlalu Gemuk


Bau badan biasanya terjadi pada orang yang terlalu gemuk atau obesitas. Hal ini disebabkan karena orang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi di setiap lekuk tubuhnya. Karena kondisi area tersebut hangat, lembab, dan gelap, maka mikroorganisme dapat berkembang dengan pesat, sehingga menyebabkan aroma tubuh yang tidak sedap.

Baca Juga : Mengatasi Bau Badan dengan Cara Alami

  • Toksin


Didalam tubuh manusia ternyata tersimpan racun yang disebut dengan toksin. Toksin ini dapat berasal dari mana saja, baik itu makanan, lingkungan, maupun udara. Ketika organ tubuh tak mampu mengendalikan pengeluaran toksin, maka racun ini akan menumpuk di dalam tubuh.

Toksin yang menumpuk dan menyumbat saluran hati dan usus besar dapat menyebabkan keluarnya aroma tidak sedap dari tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya lakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh, terutama hati, ginjal, dan usus besar.

  • Infeksi 


Bau badan juga dapat terjadi akibat adanya infeksi, salah satunya infeksi pada kulit. Pasalnya, bakteri yang terdapat pada kulit yang terinfeksi dapat menyebabkan keringat ber-urea, sehingga dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda segera mengatasi bagian kulit yang terkena infeksi agar mikroorganisme yang terdapat disana tidak semakin berkembang dan menyebabkan bau badan.

  • Penyakit Tertentu


Beberapa penyakit tertentu dapat menimbulkan gejala berupa berkeringat lebih banyak. Penyakit tersebut diantaranya adalah HIV, limfoma, leukimia, gangguan kecemasan, hiperdosis, hipertiroidisme, dan diabetes. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui penyebab keringat berlebihan dengan pasti. Dengan begitu, Anda dapat memberantas bau badan secara efektif.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kegemukan
Disqus Comments