Monday, October 28, 2019

Minuman Enak dan Sehat untuk Diet


Memiliki tubuh langsing dan berat badan yang ideal merupakan impian bagi setiap orang. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang memiliki tubuh langsing dan ideal seperti yang diharapkan. Hal ini menyebabkan banyak orang untuk melakukan segala cara demi mendapatkan bentuk tubuh yang mereka harapkan. Bahkan tak jarang mereka menyiksa diri dengan melakukan diet ketat, mengurangi porsi  makan dalam jumlah yang signifikan, serta menghindari berbagai jenis makanan tertentu. Akibatnya tubuh menjadi kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Padahal banyak cara sehat untuk menurunkan berat badan yang tentunya tidak menyiksa tubuh Anda sendiri. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman sehat untuk diet. Lantas, apa saja minuman untuk diet tersebut? Simak ulasan di bawah ini.
Berikut ini minuman yang cocok untuk dikonsumsi, bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Di antaranya adalah :
  • Air Putih

Minuman sehat pertama yang paling cocok untuk dikonsumsi selama diet, tak lain dan tak bukan adalah air putih. Yap! Minum air putih dapat membantu Anda dalam mengurangi asupan minuman yang tinggi kalori. Selain itu, air putih juga dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak, melancarkan pencernaan, serta megontrol nafsu makan Anda. Dengan minum air putih sebanyak 500 ml setengah jam sebelum makan, maka persentasi keberhasilan penurunan berat badan Anda bisa mencapai hingga 44 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Hal inilah yang membuat air putih menjadi minuman yang paling disarankan bagi mereka yang sedang diet.
  • Teh Hijau

Teh hijau juga merupakan minuman yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan, yaitu katekin yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh, serta meningkatkan metabolisme. Kandungan katekin yang terdapat pada teh hijau bahkan lebih tinggi dibandingkan matcha atau teh hijau dalam bentuk bubuk. Selain bermanfaat dalam menurunkan berat badan, teh hijau juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, hipertensi, dan diabetes.
  • Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam juga memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Teh hitam sendiri memiliki warna yang lebih gelap akibat melewati rangkaian proses oksidasi yang lebih banyak, sehingga rasanya menjadi lebih pekat. Minuman ini juga diperkaya dengan kandungan antioksidan yaitu flavonoid, yang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif, jika dikonsumsi secara rutin. Teh hitam juga mengandung polifenol yang dapat merangsang penguraian lemak, mengurangi asupan kalori, serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.
  • Kopi Hitam

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. Meskipun begitu, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi asupan kalori di dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan merangsang pembakaran lemak dengan lebih efektif.
  • Smoothie Buah

Smoothie merupakan minuman penurun berat badan yang kaya akan kandungan serat. Minuman ini tentunya berbeda dengan jus buah. Smoothie dibuat dengan mengombinasikan buah-buahan dengan susu rendah lemak, susu skim, susu almond, atau yoghurt, kemudian dihaluskan hingga menjadi tekstur yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan buah-buahan yang kaya akan serat, seperti pisang, strawberry, atau blueberry. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sayur-sayuran yang mengandung serat tinggi.
Disqus Comments