Thursday, October 24, 2019

Jarang Diketahui, Ini Dia Manfaat Lemon Cui untuk Kesehatan Jantung


Manfaat Lemon Cui untuk Jantung. Salah satu jenis jeruk yang saat ini tengah populer di kalangan masyarakat adalah lemon cui atau yang juga dikenal dengan lemon cina. Namun, sayangnya jenis lemon ini cenderung jarang ditemukan di pasaran. Sementara itu, bagi mereka yang bekerja di bagian dapur yang mengolah sajian ikan, lemon cui ini bukanlah suatu hal yang asing. Pasalnya, lemon cui kerap dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan bau amis. Selain itu, jenis jeruk ini juga dapat memberikan aroma yang mengguggah selera makan.

Sama seperti jenis jeruk lainnya, lemon cui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan berbagai mineral penting lainnya yang berguna untuk tubuh. Di dunia kesehatan dan kecantikan, kandungan limonin dan hesperedin pada buah ini memiliki efek ekspektorat (mengencerkan lendir), antitoksik (mengeluarkan racun), antioksidan, diuretik, antiradang, dan antringent.

Lemon cui memiliki senyawa fitokimia yang dapat membantu menghambat pertumbuhan mikroba. Asam folat yang terkadnung di dalamnya juga dapat mencegah cacar bawaan pada bayi. Selain itu, lemon cui juga dilengkapi dengan kandungan saponin dan flavonoid yang dapat membantu menangani diabetes hingga penyakit jantung.

Berikut ini manfaat lemon cui untuk kesehatan jantung :

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Mengonsumsi jus lemon, termasuk jus lemon cui dapat membantu menjaga pembuluh darah agar tetap lentur dan terhindar dari plak yang menumpuk. Hal ini disebabkan karena, lemon memiliki kandungan potasium dan magnesium yang sangat berguna untuk mengatur ritme jantung. Jika pembuluh darah menyempit akibat penumpukan plak, maka darah akan mengalami kesulitan untuk mengalir, sehingga jantung harus bekerja ekstra. Kondisi ini menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

Baca Juga : Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jantung

  • Menurunkan Kolesterol


VItamin C yang terdapat pada lemon cui dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat yang tinggi merupakan salah satu faktor yang memicu masalah pada kesehatan jantung dan masalah kesehatan lainnya. Jika hal kolesterol dibiarkan secara terus-menerus, maka dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

  • Memiliki Sifat Kardioprotektif


Lemon juga memiliki sifat kardioprotektif, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pelindung jantung sekaligus meningkatkan fungsi jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang dimiliki lemon.

  • Menurunkan Risiko Penggumpalan Darah


Vitamin C pada lemon juga dapat membantu menurunkan risiko penggumpalan darah. Ketika penggumpalan darah terjadi, maka jumlah darah yang mengalir menjadi berkurang. Hal ini tentunya dapat menyebabkan stroke, serangan jantung dan juga emboli paru.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kanker/
Disqus Comments