Friday, October 4, 2019

Kebiasaan Buruk di Rumah yang Harus Kamu Hindari


Kebiasaan Buruk di Rumah yang Harus Kamu Hindari. Kebanyakan orang menganggap bahwa hal yang menyebabkan timbulnya masalah kesehatan adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Hal tersebut memang benar adanya, Anamun ada banyak kebiasaan lain yang dapat merusak kesehatan, yang mungkin sering Anda lakukan. Tak hanya kesehatan tubuh, tetapi banyak kebiasaan-kebiasaan yang tidak Anda kira, juga dapat merusak kesehatan mental Anda. Ingin tahu apa saja kebiasaan itu? Simak ulasan berikut ini.

Berikut ini kebiasaan buruk di rumah yang akan berdampak buruk bagi kesehatan :

  • Begadang

Terjaga dalam waktu yang panjang di malam hari dan kemudian tertidur di pagi harinya meupakan salah satu kebiasaan buruk yang masih banyak orang melakukannya. Padahal, orang yang memiliki kebiasaan begadang cenderung tidak memiliki aktivitas fisik di keesokan harinya, sehingga dapat mengganggu waktu makan dan membuat tubuh kurang bergerak. Jika kebiasaan ini dibiarkan secara terus menerus, maka dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh maupun mental, seperti terjadinya obesitas, stres, diabetes, dan lain-lain.

  • Telat Makan

Munkin Anda berpikir bahwa telat makan dapat membuat berat badan Anda turun secara efektif, maka Anda salah besar. Pasalnya, menunda waktu makan justru akan meningkatkan nafsu makan Anda di waktu lain. Bahkan, kebiasaan ini dapat membuat Anda mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih besar dari biasanya.

Baca Juga : Cara yang Bisa Anda lakukan untuk Mempertajam Kinerja Otak

Perlu Anda ketahui juga, bahwa menunda waktu makan ternyata dapat menyebabkan lambatnya metabolisme tubuh melambat, sehingga tubuh akan tersa lemas. Selain itu, menunda makan juga dapat micu naiknya asam lambung. Dalam jangka panjang, kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu menetapkan waktu makan setiap hari, agar terbiasa mengonsumsi makanan secara rutin.

  • Makan Disaat Tidak Lapar

Bukan hanya telat makan, kebiasaan makan disaat perut tidak terasa lapar pun akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, kebiasaan mengonsumsi camilan atau cara melepaskan stres dengan mengonsumsi makanan dapat membuat kalori di dalam tubuh Anda menumpuk. Kondisi ini tentunya akan membuat berat badan Anda naik di atas normal, hingga akhirnya mengalami obesitas (kelebihan berat badan).

Obesitas merupakan kondisi yang tidak dapat dianggap remeh. Pasalnya, kondisi ini dapat memicu terjadinya komplikasi yang membahayakan kesehatan, seperti diabetes, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan secara teratur, agar berat badan dapat terjaga dan terhindar dari masalah-masalah kesehatan.

  • Duduk Terlalu Lama

Bagi Anda yang biasa duduk-duduk terlalu lama, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan ini. Sebab, duduk dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, obesitas, hingga penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan karena, duduk terlalu lama menyebabkan tubuh tidak bergerak secara aktif, sehingga tidak dapat membakar kalori dalam junlah yang besar. Kondisi ini akan semakin buruk bagi Anda yang malas berolahraga.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-paru/
Disqus Comments