Monday, October 14, 2019

Hal-Hal yang Menyebabkan Jerawat Tanpa Disadari


Jerawat merupakan suatu hal yang kemunculannya sangat menyebalkan bagi setiap orang. Pasalnya, membasmi jerawat bukanlah hal yang mudah, belum lagi dengan bekasnya yang kerap menghitam. Bahkan, produk perawatan mahal sekalipun masih saja tidak dapat membasmi masalah penyebab jerawat hingga tuntas. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan jerawat agar dapat menghindarinya. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan munculnya jerawat :

  • Perubahan Hormon


Sebagian besar munculnya jerawat pada wanita adalah akibat adanya perubahan hormon pada masa tertentu, misalnya tiga bulan pertama masa kehamilan dan masa menjelang menstruasi. Selain itu, jerawat yang muncul akibat perubahan hormon bisa juga disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS).

  • Masa Pubertas


Selain perubahan hormon, jerawat juga biasanya muncul pada setiap anak yang sedang mengalami masa pubertas. Pada kondisi ini kadar hormon testoteron di dalam tubuh akan meningkat akibat kelenjar minyak yang menghasilkan sebum dalam jumlah yang lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit.

Baca Juga : Penyebab Jerawat di ketiak Sakit dan Bengkak

  • Menyentuh Wajah dengan Tangan


Salah satu penyebab jerawat yang sering dilakukan baik disadari maupun tidak adalah menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Pasalnya, bakteri dan kotoran lainnya yang menempel di tangan dapat menempel di kulit dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang membuat kulit wajah menjadi mudah berjerawat.

Selain itu, menempelkan benda-benda yang kotor pada wajah seperti handphone dan alat make-up juga dapat memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, sebaiknya jaga kebersihan tangan atau alat make-up Anda saat akan mengaplikasikannya pada wajah.

  • Terlalu Sering Cuci Muka


Mungkin Anda mengira bahwa mencuci muka sesering mungkin dapat menjaga kebersihan wajah secara maksimal dan dapat terhindar dari jerawat. Namun nyatanya, cuci muka terlalu sering justru dapat memicu jerawat. Hal ini disebabkan karena, zat-zat kimia yang terdapat pada sabun muka dapat membuat kulit iritasi hingga semakin sensitif. Sebab, minyak alami yang berguna untuk melembabkan dan melindungi wajah hilang tak bersisa, sehingga kemunculan jerawat di wajah menjadi lebih mudah.

  • Sering Memencet Jerawat


Banyak orang yang gemas ingin memencet jerawat yang hinggap di wajah. Namun sebaiknya jauhi kebiasaan ini, sebab memencet jerawat tidak lantas membuat jerawat hilang, melainkan malah menimbulkan kerusakan dan bekas luka yang sulit hilang pada kulit wajah. Bahkan banyak dermatologis yang melarang memencet jerawat dalam kondisi apapun. Pasalnya, ketika Anda memencet jerawat, maka Anda justru akan menyebabkan kulit melunak sehingga menyebabkan jaringan kulit rentan sobek.

https://lingshenyao.id/sembuh-dari-kanker/
Disqus Comments