Tuesday, October 29, 2019

Cara Mengobati Sakit Kepala Bagian Belakang


Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Belakang. Sakit kepala merupakan suatu kondisi yang pasti pernah dialai oleh setiap orang. Sakit kepala bisa terjadi di berbagai bagian kepala seperti di atas mata, di atas telinga, di tas kepala, di belakang leher bagian atas ataupun di belakang kepala. Sakit kepala yang paling sering dialami oleh tiap orang adalah sakit kepala di bagian belakang. 
Penyebab sakit kepala belakang terus-menerus biasanya disebabkan karena adanya penyakit dalam dan faktor lingkungan, tetapi bisa juga tidak berhubungan dengan penyakit lain. Sakit kepala ini, biasanya tidak akan berlangsung lama dan dapat disembuhkan dengan melakukan pengobatan biasa yang dapat dilakukan dirumah. Namun, apabila sakit kepala bagian belakang terjadi secara terus menerus, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Gejala Sakit Kepala Belakang

Berikut ini beberapa gejala umum yang dapat terjadi ketika mengalami sakit kepala belakang :
  • Mual
  • Rasa sakit yang sangat mengganggu di kepala
  • Sensasi berdenyut-denyut di bagian belakang kepala
  • Otot menjadi lunak dan kulit menjadi lebih sensitif
  • Lebih sensitif terhadap bunyi, cahaya, dan aroma tertentu
  • Rasa sakit muncul ketika Anda melakukan pergerakan di bagian leher

Penyabab Sakit Kepala Belakang

Berikut ini kondisi yang memicu terjadinya sakit kepala di bagian belakang :
  • Aktivitas Fisik

Sakit kepala di bagian belakang dapat disebabkan oleh aktifitas-aktifitas tertentu. Aktifitas tersebut merupakan aktifitas fisik yang berat, seperti lari cepat atau mengencangkan otot perut ketika buang air besar. Hal ini bahkan tidak hanya menyebabkan sakit kepala bagian belakang saja, melainkan seluruh bagian kepala. Rasa sakit yang dialami dapat berlangsung sekitar 20 menit. Pada umumnya, kondisi ini tidak menimbulkan masalah yang serius. Akan tetapi, apabila rasa sakit kepala terjadi secara terus menerus, bisa jadi merupakan tanda adanya gangguan pada pembuluh darah di otak.
  • Cedera atau Tegang Otot

Tegang otot pada bagian belakang leher juga dapat menyebabkan sakit kepala di bagian belakang, kondisi seperti lebih banyak ditemukan pada  wanita dibanding pria. Selain itu, cedera leher juga dapat memicu timbulnya rasa sakit bagian belakang kepala. Hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan fisioterapi, dimana hal ini dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala kronis. Dalam kondisi tertentu, dokter bisa saja memberikan resep obat sakit kepala dengan obat antidepresan, karena obat pereda sakit kepala biasa justru akan memperparah kondisi ini.
  • Neuralgia Oksipital 

Neuralgia Oksipital merupaka suatu kondisi di mana terjadinta peradangan pada saraf oksifital yang terdapat di atas sumsum tulang belakang hingga leher. Kondisi ini terjadi karena adanya tekanan atau iritasi akibat cedera yang, radang atau saraf terjepit. Gejala ini hampir mirip dengan migrain sehingga cukup sulit untuk membedakannya. Sakit yang dirasakan pada kondisi ini biasanya seperti sengatan listrik yang dirasakan di leher dan kepala.
  • Neuragial Trigeminal

Lain halnya dengan Neuralgia Oksipital, Neuragial Trigeminal merupakan penyebab lain dari sakit kepala di sisi kanan bagian belakang. Kondisi ini disebabkan akibat pembuluh darah yang menjepit trigeminal sehingga menyebabkan rasa sakit pada wajah dan kepala bagian belakang.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala belakang :
  • Konsumsi obat-obatan analgesik (aspirin dan acetaminophen).
  • Konsumsi obat untuk merelaksasi otot
  • Konsumsi obat anti migrain
  • Jika sakit kepala sudah tergolong parah, maka kemungkinan Anda perlu menggunakan anestesi lokal untu membantu mengurangi rasa sakit.
Disqus Comments