Friday, October 18, 2019

3 Cara Agar Terhindar Dari Skoliosis


Cara Mencegah Tulang Skoliosis. Skoliosis adalah kelainan pada tulang berupa kelengkungan tulang belakang. Kondisi ini dapat dialami olah anak-anak maupun orang dewasa. Namun, biasanya skoliosis baru diketahui ketika penderita beranjak dewasa.

Memiliki kondisi tulang punggung bengkok akibat skoliosis tentunya membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas, bahkan ketika tidur sekalipun. Hal ini disebab kankarena kondisi tulang punggung yang melengkung ke kanan atau ke kiri, sehingga menyebabkan salah satu pinggul atau bahu jadi lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Skoliosis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi saraf, adanya kelainan bawaan, atau penyebab yang tidak diketahui. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa skoliosis dapat juga disebabkan akibat posisi tidur yang tidak benar. Lantas apakah benar begitu?

Menurut para ahli, posisi tidur yang salah tidak lantas menyebabkan terjadinya masalah pada tulang seperti skoliosis. Namun justru sebaliknya, lengkungan tulang belakang yang tidak normal akibat skoliosis lah yang menyebabkan penderitanya tidak nyaman saat tidur. Maka dari itu, penting bagi penderita skoliosis untuk mengetahui posisi tidur yang nyaman agar kualitas tidur tetap terjaga.

Baca Juga : Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Skoliosis

Selain itu, skoliosis juga dapat dicegah dengan cara-cara berikut :

  • Latihan Otot Punggung


Salah satu cara untuk mencegah skoliosis adalah dengan melakukan latihan otot punggung. Pasalnya, jika otot punggung kuat, maka masalah-masalah tulang seperti skoliosis dapat dicegah dengan baik. Selain itu, latihan otot punggung juga dapat menjaga tulang punggung agar berada dalam kondisi kurva yang tepat. Tak hanya punggung, latihan kekuatan otot juga disarankan pada bagian tubuh lain, seperti otot kaki dan otot lengan.

  • Menjaga Kesehatan Tulang


Menjaga kesehatan tulang merupakan kunci utama agar dapat terhindar dari berbagai macam masalah tulang, salah satunya skoliosis. Menjaga kesehatan tulang disini, artinya memberi asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tulang. Salah satu nutrisi yang paling penting untuk tulang adalah kalsium. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi asupan kalsium, agar tulang tetap sehat dan jauh dari masalah. Makanan yang baik untuk kesehatan tulang diantaranya adalah, kacang kedelai, oatmeal, kacang almond, ikan sarden, dan lain masih banyak lagi.

  • Memeperhatikan Kondisi Tubuh


Agar terhindar dari skoliosis, penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi tubuh. Caranya adalah, dengan menghindari kegiatan yang memberikan beban sangat berat pada salah satu sisi tubuh secara terus-menerus. Pasalnya, skoliosis umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan otot. Maka dari itu, sebaiknya hindari membawa tas atau kantung belanja yang terlalu berat pada salah satu sisi bagian tubuh saja.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-kanker-serviks/
Disqus Comments