Tuesday, September 3, 2019

Tips Melancarkan Asi secara Alami


Setelah melahirkan, nyatanya tidak semua Ibu dapat memproduksi ASI yang cukup serta lancar untuk bayinya. Hal ini kerap membuat para Ibu khawatir jika bayinya akan kekurangan asupan ASI. Tak jarang kondisi seperti ini membuat para Ibu memilih untuk menggunakan susu formula sebagai pengganti ASI. Padahal, ASI merupakan makanan paling sempurna yang dibutuhkan bayi baru lahir. Selain itu, ASI juga harus diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang. Dengan memberikan bayi asupan ASI selama enam bulan pertama, maka bayi pun dapat terhindar dari risiko alergi, karena ASI dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dengan kandungan zat antibodi yang dimilikinya. Maka dari itu, penting bagi para Ibu untuk mengetahui tips melancarkan ASI, sehingga dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup.

Jika sebagai seorang Ibu, Anda tidak dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup, maka jangan terburu-buru untuk memberikan susu formula pada bayi Anda. Pasalnya, Anda dapat melancarkan produksi ASI Anda dengan mudah, alami, dan efektif.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbanyak ASI :

  • Memompa ASI


Salah satu cara untuk memperbanyak prosuksi ASI adalah dengan memompa ASI. Sementara itu, bagi Ibu baru mungkin keterampilan dalam menyusui masih belum cukup memadai. Pasalnya, kesalahan posisi ketika menyusui pun dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif, sehingga ASI tidak keluar dengan lancar.

Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan pompa setiap kali menyusui. Proses memompa ASI ini bertujuan untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara.

  • Jangan Berhenti Menyusui


Ketika Anda merasa bahwa produksi ASI Anda sedikit, maka jangan coba-coba untuk berhenti menyusui. Pasalnya, jika Anda rajin dan konsisten dalam menyusui, maka payudara akan terangsang untuk memproduksi ASI dengan lancir. Selain itu, jangan lupa untuk menyusui dengan menggunakan kedua payudara secara bergantian.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Cantengan pada Bayi

  • Skin ti Skin Nurse


Ketika Anda sedang menyusui, sebaiknya usahakan agar kulit Anda bertemu dengan kulit bayi. Jagan halangi kulit dengan kain, baik itu kain pakaian maupun bra. Demikian juga pada bayi, akan lebih baik jika bayi hanya dalam keadaan memakai popok. Selain berguna untuk merangsang produksi ASI, hal ini juga berguna untuk meningkatkan ikatan emosional antara Ibu dan anak.

  • Menyusui Setiap 2-3 jam


Menyusui setiap 2-3 jam sekali akan sangat membantu memperbanyak ASI. Pasalnya, jadwal menyusui yang teratur akan semakin membantu perangsangan produksi ASI. Jadwal ini sangat cocok bagi bayi yang baru lahir, dimana Ia biasanya akan minum ASI hingga 12 kali dalam sehari. Dengan begitu, Anda dapat memberikan ASI setiap 2-3 jam sekali.

https://lingshenyao.id/obat-untuk-vertigo/
Disqus Comments