Tuesday, September 24, 2019

Ini Dia Akibat Jika Terlalu Banyak Minum Kopi


Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Anda mungin merupakan salah satu penggemar minuman ini. Menyukai kopi memang bukan merupakan hal yang salah, namun Anda harus bijak dalam mengonsumsinya. Hal ini disebabkna karena, kopi memiliki kandungan kafein, yang tidak baik dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Pasalnya, kandungan kafein di dalam kopi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui akibat terlalu banyan minum kopi, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut ini beberapa akibat yang akan terjadi apabila mengonsumsi terlalu banyak kafein bagi tubuh :

  • Insomnia

Kebiasaan minum kopi secara berlebih dapat membuat kualitas tidur Anda terganggu, sehingga tubuh akan lebih mudah merasa lelah dan tidak fit di keesokan harinya. Untuk mengatasi rasa ngantuk tersebut, kemungkinan Anda akan meminum kopi lagi, sehingga membuat Anda susah tidur di malam harinya. Padahal, kurang tidur dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan jumlah takaran kopi yang Anda konsumsi, serta usahakan agar tidak minum kopi di siang atau sore hari, karena efek kafein dapat memengaruhi jam biologis tubuh.

  • Dehidrasi

Mungkin Anda pernah mengalami kondisi dimana semakin banyak kopi yang Anda minum, maka semakin sering Anda bolak-balik toilet untuk buang air kecil. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein dalam kopi yang memiliki sifat diuretik dan laxative. Apabila kondisi ini tidak diimbangi dengan konsumsi cairan lainnya, maka tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Konsumsi kopi sebaiknya tidak lebih dari dua cangkir sehari.

  • Detak Jantung Meningkat

Efek stimulan yang disebabkan oleh kafein pada kopi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Menurun American Journal of Clinical Nutrion, mengonsumsi kopi secara berlebih dapat berdampak pada kondisi atrial fibrillation atau irama detak jantung yang berubah dengan respon ventikular yang tinggi. Kondisi ini tentunya berbahaya karena dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke dan gagal jantung.

  • Gelisah

Pada dasarnya, konsumsi kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membawa kewaspadaan tersebut menjadi kecemasan dan kegelisahan.

Penelitian menunjukan bahwa konsumsi kafein lebih dari1.000 mg dalam sehari, dapat menyebabkan kegugupan dan kegelisahan. Dosis sedang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya stres dan memicu pernapasan lebih cepat.

  • Kecanduan

Akibat terlalu sering mengonsumsi kopi juga dapat berujung pada kecanduan kafein. Hal ini mencakup kondisi kecanduan fisik maupun psikologis. Hal ini disebabkan karena efek stimulasi yang dihasilkan oleh kafein.

https://lingshenyao.id/menghindari-kanker-serviks/
Disqus Comments