Friday, September 27, 2019

Penyebab Pengapuran Pembuluh Darah dan Pengobatannya


Pengapuran Pembuluh Darah Otak. Pada dasarnya, tubuh manusia terdiri dari berbagai sistem organ kompleks, yang bekerja sama untuk melakukan fungsi-fungsi yang fital bagi kelangsungan hidup. Salah satu organ penting yang menunjang kelangsungan hidup adalah jantung. Jantung bekerja sama dengan pembuluh darah untuk mengalirkan aliran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke bagian tubuh lainnya.

Pembuluh darah merupakaa struktur vaskular tabular, yakni berbentuk tabung atau pipa, yang dikategorikan ke dalam arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh arteri bertugas untuk mengangkut darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke bagian tubuh lain. Sedangkan pembuluh darah vena bertugas mengangkut darah tanpa kandungan oksigen menuju jantung.

Sementara itu, kapiler merupakan pembuluh darah tipis dan jaringan rumit dari pembuluh kapiler yang menghubungkan arteri ke vena. Melalui pembuluh darah kapiler, pertukaran nutrisi dan sampah terjadi antara darah dengan jaringan tubuh.

Struktur pembuluh darah sangatlah penting untuk pengiriman oksigen dan nutrisi lainnya, sehingga gangguan pada sistem pembuluh darah akan berdampak pada kesehatan seseorang. Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah pengapuran pembuluh darah (kalsifikasi vaskular). Kondisi ini mengacu pada pembentukan deposit kalsium yang mengeras di dalam pembuluh darah. Hal ini menyebabkan suatu kondisi yang disebut dengan aterosklerosis.

Penyebab Pengapuran Pembuluh Darah

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa pada dasarnya kalsium merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. meskipun begitu, penumpukan kalsium pada jaringan tubuh, khususnya pembuluh darah, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kondisi ini dapat memicu terjadinya pengapuran pada aorta yang mengacu pada akumulasi kalsium dalam katup aorta, sehingga dapat membatasi aliran darah yang memicu terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga : Perawatan Penyakit Jantung Bawaan

Endapan kalsium di dalam pembuluh darah kerap diartikan sebagai tanda-tanda penuaan. Namun, penelitian lebih lanjut menghubunkan klasifikasi dengan gaya hidup. Gaya hidup yang salah, seperti kebiasaa merokok, konsumsi alhonol, atau diet yang tidak sehat merupakan beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit vaskular. Selain itu, pengapuran pada pembuluh darah juga dapat disebabkan oakibat kadar kolesterol jahat yang tidak terkendali. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Pengobatan Pengapuran Pembuluh Darah

Pengobatan untuk pengapuran pembuluh darah dapat dilakukan dengan mencegah akumulasi kalsium. Penelitian menunjukan bahwa, akumulasi kalsium dapat dicegah dengan mengonsumsi suplemen vitamin K. Namun, terkadang dokter juga akan meresepkan Calcium Channel Blockers untuk mencegah masuknya kalsium ke dalam sel otot polos arteri.

Selain itu, bypass koroner atau pemasangan stent juga mungkin diperlukan untuk membersihkan hal-hal yang menyumbat arteri dan juga mengurangi gejala aterosklerosis atau kardiovaskular.

https://lingshenyao.id/obat-pencegah-kanker/
Disqus Comments