Thursday, September 5, 2019

Penyebab Insomnia dan Cara Mencegahnya


Pencegahan Insomnia. Apakah Anda selalu merasa susah tidur, meskipun badan terasa lelah? Bisa jadi Anda mengalami insomnia. Insomnia merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak mampu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebutuhan tidurnya masing-masing, namun penderita insomnia cenderung mengalami kualitas tidur yang buruk, sehingga membuat badan terasa lelah dan perasaan menjadi tidak karuan ketika bangun tidur, meski telah tertidur dalam waktu 8 jam sekalipun. Gangguan Tidur ini bisa datang dan pergi kapan saja, bahkan kepeda orang-orang yang tidak pernah mengalami gangguan tidur sebelumnya. Namun, penderita insomnia kronis akan mengalammi gangguan tidur ini dalam kurun waktu satu minggu, bahkan hingga sebulan atau lebih. 

Kurang tidur tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Maka dari itu, perlu dilakukan pencegahan terhadap insomnia. Namun, sebelum membahas pencegahan insomnia, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab dari insomnia itu sendiri.

Penyebab Insomnia

Berikut ini penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui :

  • Terlalu lama bermain Gadget Sebelum Tidur

Berbeda dengan menonton tv yang dilakukan hanya dengan diam dan melihatnya, memainkan gadget dapat melibatkan interaksi lain, seperti membalas pesan, melepon, atau video call seseorang. Hal tersebut dapat mencegah otak Anda untuk beristirahat dan memicu gejala insomnia. Maka dari itu, sebaiknya Anda kurangi main gadget di waktu istirahat, terutama sebelum tidur.

  • Jadwal Tidur yang tidak Teratur

Banyak orang yang mengatur waktu tidurnya sebaik mungkin di hari kerja, akan tetapi tidur lebih larut di akhir pekan. Pada dasarnya tubuh Anda memerlukan konsistensi. Ketika Anda memaksakan tubuh Anda untuk beralih antara dua zona waktu yang berbeda, maka kemungkinan Anda dapat mengalami insomnia.

  • Terlalu Banyak Minum Kopi

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa kafein dapat membuat seoseorang terjaga lebih lama. Namun perlu Anda ketahui bahwa, kafein memiliki paruh usia 8 hingga 10 jam, yang artinya jumlah kafein yang tersisa masih ada di dalam sistem tubuh Anda selama 8 hingga 10 jam setelahnya, sehingga terlalu banyak minum kopi dapat membuat Anda kesulitan tidur dan menyebabkan insomnia.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia Dampak Buruk Minum Air Sebelum Tidur

  • Pengaruh Obat-Obatan

Insomnia juga bisa terjadi dibawah pengaruhobat-obatan. Berbagai macam obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti tekanan darah tinggi, pilek, flu, hingga asma dapat memberikan efek samping terhadap kualitas tidur Anda. Hal tersebut disebabkan karena, beberapa obat-obatan dapat mengandung kafein atau zat simultan lainnya. Jika Anda memiliki keluhan kesulitan tidur akibat obat-obatan tertentu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

  • Kondisi Kesehatan Mental
Masalah kesehatan mental yang mendasar, seperti gangguan kecemasan dan depresi kerap mempengaruhi pola tidur seseorang. Penderita gangguan kecemasan cenderung mengalami tidur yang tidak nyenyak. Sedangkan penderita depresi cenderung akan tertidur lebih lama.

Pencegahan Insomnia

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan agar tenhindar dari insomnia :

  • Hindari kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol.
  • Hindari banyak makan dan minum sebelum tidur.
  • Berhenti merokok
  • Buat suasana tidur yang nyaman.
  • Periksa obat-obatan yang Anda konsumsi, apakah memiliki kandungan yang menyebabkan susah tidur.
  • Usahakan untuk tidak tidur di sore hari.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kista/
Disqus Comments