Thursday, September 19, 2019

Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Otak


Minum Teh untuk Kesehatan Otak. Minum teh menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan, khususnya oleh orang Indonesia. Teh termasuk minuman penawar dahaga, yang sangat mudah ditemukan. Namun, tak jarang orang beranggapan bahwa mengonsumsi teh terlalu sering tidak baik untuk kesehatan, karena teh memiliki kandungan kafein.

Meskipun begitu, manfaat teh bagi kesehatan telah lama diketahui oleh banyak orang. Minuman ini dipercaya dapat meningkatkah kesehatan, mencegah penyakit kardiovaskular, hingga meningkatkan mood. Selain itu, baru-baru ini sebuah penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi teh juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak seseorang.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Aging menyatakan bahwa teh dapat membuat seseorang memiliki bagian otak yang lebih terorganisir. Selain itu, peneliti juga mengungkapkan bahwa, konsumsi teh dapat menurunkan risiko penurunan kognitif pada orang tua hingga 50 persen.

Baca Juga : Ini Dia Makanan yang Baik dalam Meningkatkan Fungsi Otak

  • Minum Teh dapat Meningkatkan Fokus


Mengonsumsi teh dapat membantu Anda agar fokus dalam mengerjakan suatu hal. Sebuah penelitian yang di publikasikan pada Journal of Neuropharmacology, menyatkan bahwa mengonsumsi teh setiap hari dapat membantu mengatasi kelelahan, serta meningkatkan konsentrasi Anda.

  • Merangsang Kreatifitas


Selain berguna untuk meningkatkan fokus, konsumsi teh juga dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Pasalnya, teh merupakan minuman yang kaya akan kandungan asam amino (theanine) yang mampu membantu merangsang otak bekerja untuk memecahkan masalah.

  • Menjadi Multitasking


Kandungan theanine yang ada pada teh dapat membantu menstimulasi gelombang alfa pada otak. Hal ini erat kaitannya dengan relaksasi. Tak hanya itu, kandungan kafein yang ada dalam teh juga dapat membuat Anda lebih waspada dan konsntrasi, sehingga Anda dapat mengerjakan berbagai hal sekaligus secara efektif.

  • Dilakukan Tes Neuropsikologis dan MRI


Dalam Analisa tes neuropsikologis dan juga pemidaian MRI, mengungkapkan bahwa mereka yang sering minum teh memiliki kondisi otak yang lebih baik, serta memiliki penuaan otak yang lebih lambat dari pada mereka yang jarang minum teh.

Selain itu, teh juga dinilai dapat memberikan dampak terhadap melambatnya proses penuaan bagi peminum aktifnya. Hal ini disebabkan karena teh memiliki kandungan katekin dan antioksidan alami yang dapat membantu meningkatkan fungsi penalaran dan memori otak.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi teh, menandakan bahwa minum teh dapat menjadi pilihan gaya hidup sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk kesehatan otak.

https://lingshenyao.id/pengobatan-tumor-otak/

Disqus Comments