Thursday, September 26, 2019

Mengatasi Sesak Napas secara Alami


Mengatasi Sesak Napas. Sesak napas (dyspnea) merupakan suatu kondisi di mana penderita mengalami kesulitan ketika bernapas akibat kekurangan pasokan udara yang masukke paru-paru. Normalnya, pernapasan terjadi ketika udara masuk ke paru-paru dan keluar dari paru-paru. Sementara itu, proses pernapasan sendiri melibatkan beberapa bagian tubuh, seperti paru-paru, diafragma, otot dinding dada, jaringan saraf, dan lain-lain. Sedangkan, sesak napas terjadi ketika bagian-bagian tubuh tersebut bekerja terlalu keras untuk bernapas akibat kurangnya oksigen atau udara bersih yang masuk.

Pada dasarnya, sesak napas merupakan tanda atau sinyal berupa peringatan akan kondisi tubuh. Pasalnya, sesak napas bisa menjadi pertanda kondisi medis tertentu, seperti kelelahan, gangguan paru-paru, asma, penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK), stroke, penyempitan jantung, serangan panik, distrofi muskular, anemia, obesitas, gagal jantung, hingga kanker paru-paru.

Gejala sesak napas antara lain adalah kulit pucat atau tampak kebiruan, jantung berdebar cepat, demam, hingga kehilangan kesadaran. Sedangkan sesak napas yang timbul akibat reaksi alergi merupakan kondisi darurat medis yang harus segera ditangani agar tidak mengancam nyawa.

Sebenarnya, caramengatasi sesak napas secara alami dapat dilakukan dengan mudah. Namun, langkah ini tidak lantas mengobati penyebab sesak napas itu sendiri. Apabila penyebab sesak napas disebabkan oleh penyakit tertentu, maka Anda harus tetap mendapatkan pengobatan.

Berikut ini beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengendalikan pernapasan ketika mengalami sesak napas :

  • Duduk dengan Posisi ke Depan dan Sedikit Membungkuk


Ketika mengalami sesak napas, istirahat sambil mendudukan tubuh dapat membantu menenangkan tubuh Anda dan membuat pernapasan lebih lancar. Cobalah untuk duduk di kursi dengan telapak kaki menapak ke lantai dengan dada di condongkan ke depan. Kemudian, letakkan siku di lutut atau menahan dagu dengan tangan. Posisi duduk ini juga dapat Anda lakukan dengan bertumpu pada meja. Istirahatkan lengan dan kepala Anda di meja, dan jangan lupa untuk menggunakan bantal untuk menyangga kepala agar lebih nyaman.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Muntaber

  • Pernapasan Diafragma


Cara lain untuk mengatasi sesak napas adalah dengan melakukan pernapasan diafragma. Anda hanya perlu duduk di kursi dengan kepala, leher, bahu, dan lutut dalam keadaan rileks. Kemudian, letakkan satu tangan Anda di depan perut, dan satunya lagi di depan dada. Setelah itu, bernapaslah secara perlahan melalui hidung, hingga tangan Anda merasakan perut bergerak saat bernapas. Ketika menghembuskan napas, kencangkan otot perut dan buanglah napas perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut.

  • Berdiri dan Menyandar pada Dinding


Berdiri dan menyender pada dinding juga dapat Anda lakukan ketika mengatami sesak napas. Jaga agar kaki Anda tetap terbuka selebar bahu dan tangan yang berada di samping kedua paha. Buatlah posisi senyaman mungkin dan condongkan badan Anda sedikit ke depan. Anda juga dapat berdiri sambil kedua telapak tangan Anda bertumpu pada meja dan menyamankan posisi leher dan bahu Anda.

https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments