Friday, September 20, 2019

4 Makanan Ini Bantu Sembuhtan Wasir


Penyakit wasir atau yang dikenal juga dengan ambeien merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah di area anus meradang hingga akhirnya membengkak. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh peningkatan tekanan pada rektum bagian bawah, seperti akibat duduk terlalu lama, mengenjan terlalu keras dan kasar saat buang air besar, hingga faktor usia. Sebenarnya, tidak ada makanan penyebab wasir secara khusus, namun memang ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan wasir yang Anda derita terasa semakin parah dan mudah kambung di kemudian hari. Dalam artikel ini kita akan membahas makanan pemicu, serta makanan penyembuh wasir.

Makanan Pemicu Wasir

Berikut ini makanan yang memicu terjadinya wasir :

  • Makanan Berserat Rendah


Wasir dapat terjadi ketika tubuh Anda kekurangan asupan serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Hal ini disebabkan karena, kurangnya asupan serat dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Ketika seseorang mengalami sembelit, maka risiko terjadinya wasir pun akan semakin meningkat. Makanan yang mengandung serat rendah antara lain adalah nasi putih, roti putih, margarin, mentega, daging sapi, ikan, telur, pasta, dan masih banyak lagi.

  • Makanan Pedas


Makanan pedas dapat memicu dan memperparah wasir yang Anda dderita. Pasalnya, makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung, serta menyebabkan masalah pada pencernaan. Masalah pencernaan yang muncul, seperti diare atau sembelit yang kemudian dapat memicu wasir.

  • Makanan Berlemak


Selain makanan pedas, makanan berlemak juga dapat membuat wasir semakin parah. Hal ini disebabkan karena, makanan berlemak akan dicerna lebih lama di dalam perut dibandingkan jenis makanan yang rendah lemak. Semakin lama makanan dicerna, maka kotoran akan semakin mengeras di dalam perut. Maka dari itu, kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak berisiko tinggi menyebabkan terjadinya wasir.

Maki dari itu, untuk mencegah dan tidak memperparah wasir Anda perlu membantasi konsumsi gorangan, serta mengurangi penggunaan minyak, mentega dan margarin. Selain itu, jika Anda ingin mengonsumsi susu, pilihlah produk susu rendah lemak.

  • Kafein


Minuman berkafein dapat memperburuk wasir yang Anda derita. Hal ini disebabkan karena, kebiasaan konsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh dapat menyebabkan dehidrasi dan iritasi lambung dalam tubuh.

  • Alkohol


Selain minuman beralkoohol, minuman yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan wasir kambuh. Pasalnya, minuman beralkohol dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda. Sehingga, apabila Anda mengonsumsi alkohol maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan sembelit, sehingga menyebabkan wasir semakin parah.

Makanan Penyembuh Wasir

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu menyembuhkan wasir :
  • Makanan tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Beras merah.
  • Biji-bijian (oat, gandum utuh, jagung).
  • Kacang-kacangan (kacang almond, kacang hijau, kacang hitam, kacang polong dan sebagainya).


Disqus Comments