Monday, September 9, 2019

Makanan-Makanan Ini dapat Menyebabkan Suara Serak


Makanan Penyebab Suara Serak. Suara serak kerap membuat tenggorokan terasa tidak nyaman dan sangat menganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi mereka yang menggunakan suara untuk bekerja. Pasalnya, mereka harus senantiasa menjaga suara mereka agar tidak terjadi gangguan pada pita suara yang pada akhirnya dapat menghambat pekerjaan. Suara serak, sebaiknya jangan dianggap sepele dan harus segera ditangani. Jangan sampai kondisi seperti ini dibiarkan terjadi dalam jangka waktu yang panjang atau lebih dari satu minggu. Hal ini disebabkan karena, bisa jadi suara serak tersebut merupakan gejala dari penyakit berbahaya. 

Suara dihasilkan karena adanya getaran pada pita suara yang terdiri dari dua cabang jaringan otot (membentuk huruf v). Pita suara tersebut terdapat di laring, yaitu saluran udara yang terletak diantara trakea dan dasar lidah. Ketika Anda berbicara, pita suara menyatu dan aliran udara dari paru-paru pun melewatinya, hal tersebutlah yang membuat pita suara bergetar. Getaran tersebut kemudian menghasilkan gelombang suara yang melewati tenggorokan, mulut dan hidung sebagai rongga resonasi yang akan mengubah getaran tersebut menjadi bunyi.

Suara serak sendiri bukanlah merupakan suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang ditimbulkan akibat adanya gangguan di bagian pita suara. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena infeksi akibat batu atau pilek, radang tenggorokan atau asalah lain yang lebih serius, seperti nodul, laringitis atau polip pita suara.

Selain itu, suara serak juga dapat diakibatkan oleh makanan-makanan tertentu. Diantaranya adalah :

  • Gorengan 

Gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya dapat menyebabkan suara serak. Tak hanya itu, gorengan yang Anda makan belum tentu dimasak dengan minyak yang bersih. Jika hal tersebut terjadi, maka makanan tersebut dapat menyebabkan radang tenggorokan dan batuk.

Baca Juga : Penyebab Suara Serak Berkepanjangan

  • Makanan Pedas


Bagi Anda pecinta makanan pedas, sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika mengonsumsinya. Pasalnya, makanan pedas mampu membuat tenggorokan terbakar dan mudah mengalami peradangan. Hal inilah yang membuat para penyanyi selalu menghindari makanan pedas, terutama ketika akan menggelar konser.

  • Makanan yang Terlalu Asin


Makanan asin atau gurih memang nikmat untuk dikonsumsi. Namun, makanan yang terlalu asin dapat membuat suara Anda menjadi serak. Makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan pita suara kering dan elastisitasnya berkurang. Selain itu, garam juga memiliki kemampuan menyerap cairan di dalam tubuh, sehingga Anda akan mudah haus ketika mengonsumsi makanan yang terlalu asin.

  • Makanan Bersantan


Selain makanan yang digoreng, makanan yang diolah dengan santan juga tidak baik untuk tenggorokan jika dikonsumsi secara berlebihan. Terlebih lagi jika santan yang Anda konsumsi diolah dengan tambahan minyak goreng.

https://lingshenyao.id/obat-pencegah-kanker/
Disqus Comments