Tuesday, August 27, 2019

Hati-Hati! 3 Penyakit Berbahaya Ini dapat Menular Lewat ASI


Kesuksesan program ASI eksklusif erat kaitannya dengan gaya hidup yang diterapkan oleh Ibu menyusui di masa kehamilannya. Jika kesehatan sang Ibu terjaga dengan baik, maka tidak akan mengalami banyak kendala saat hendak menyusui. Namun, para Ibu juga harus waspada. Pasalnya, ada kalanya ASI eksklusif harus diganti dengan susu formula. Hal ini disebabkan karena, ada beberapa penyakit yang dapat menular melalui ASI. Bahkan, ada beberapa penyakit menular lewat ASI yang tergolong penyakit berbahaya.

Ibu menyusui yang sedang mengalai flu atau demam, masih boleh menyusui bayinya. Namun, jika sang Ibu terserang penyakit yang tergolong serius, maka dokter akan menganjurkan untuk mengganti ASI eksklusif dengan susu formula. Berikut ini beberapa penyakit atau infeksi yang dapat menular lewat ASI :

  • HIV


Perlu Anda ketahui bahwa virus HIV bisa menular mewat ASI apabila sang Ibu positif mengidap HIV sejak sebelum masa kehamilan. Maka dari itu, seorang Ibu yang mengidap HIV tidak dianjurkan untuk menyusui bayinya dulu. Pasalnya, risiko penularan virus dari ASI Ibu yang positif terkena HIV ke bayi adalah sebesar 15-45 persen.

Meskipuhn begitu, Anda tetap dapat merawat bayi seperti biasanya. Anda juga dapat menggantikan asupan nutrisi untuk bayi dengan memberinya susu formula atau memperoleh donor ASI dari Ibu lain yang sehat. Selain itu, lakukan perawatan untuk mencegah risiko penularan HIV lewat ASI, dan jaga pola hidup sehat.

Baca Juga : Beberapa Makanan yang Dapat Menyebabkan Kolik Pada Bayi

  • Hepatitis B


Selai pengidap HIV, Ibu yang menderita Hepatitis B juga tidak dianjurkan untuk memberi ASI eksklusif pada bayinya. Pasalnya, penyakit ini juga dapat menular lewat ASI. Walaupun penularan ini dapat dicegah melalui vaksinasi yang diberikan maksimal 12 jam sesudah bayi dilahirkan. Namun, memberikan ASI kepada bayi tetap memliki risiko penularan yang tinggi. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk mengganti asupan ASI dengan alternatif lain, seperti pemberian susu formula.

  • Herpes


Penyakit berbahaya lainnya yang dapat menular melalui ASI adalah herpes simleks. Penularan infeksi virus ini sebenarnya  hanya dapat terjadi jika bagian payudara sang Ibu mengalami gejala sariawan herpes. Akan tetapi, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, agar lebih baik jika sang Ibu tidak menyusui dulu, hingga dokter memastikan bahwa semuanya baik-baik saja. Pasalnya, bayi yang terinfeksi virus herpes simpleks ini akan mengalami gejala yang cukup mengkhawatirkan, bahkan dapat berujung kematian.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-rahim/
Disqus Comments