Friday, August 30, 2019

Beberapa Penyakit yang Menyebabkan Munculnya Benjolan di Dubur


Penyakit Benjolan di Dekat Dubur. Benjolan di dubur merupakan suatu kondisi yang tidak dapat disepelekan. Pasalnya, selain menyebabkan timbulnya rasa sakit dan tidak nyaman, benjolan ini juga bisa jadi merupakan suatu gejala penyakit tertentu. Maka dari itu, kondisi ini memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Sebab, semakin parah benjolan di dubur maka akan semakin sulit untuk ditangani.

Anda mungkin mengira bahwa benjolan di dekat sekitar dubur merupakan bisul. Padahal, bisul bukan satu-satunya penyebab muncul benjolan di dubur. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab munculnya benjolan di dubur, agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di sekitar dubur

  • Wasir


Wasir merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di sekitar dubur. Penyakit ini terjadi akibat adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah di sekitar anus, sehingga dapat menyebabka pembengkakkan yang menyerupai benjolan. Wasir dapat dipicu oleh kebiasaan mengenjan terlalu lama atau terlalu keras ketika buang air besar, duduk terlalu lama, kelebihan berat badan, dan mengangkat beban yang terlalu berat.

Pada kasus yang ringan, wasir masih dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan khusus. Untuk meredakan rasa nyeri akibat penyakit ini, penderita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, mengonsumsi obat pereda nyeri, mengoleskan krim khusus untuk mengatasi wasir, dan menerapkan pola hidup sehat. Namun, jika rasa sakit yang dialami tak kunjung reda dan mulai mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya Anda segera menemui dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga : Bahaya Penyakit Wasir Apabila Tidak Diobati

  • Abses Anus


Abses anus merupakan suatu penyakit yang  menyebabkan timbulnya rasa sakit di daerah anus akibat adanya infeksi pada kelenjar-kelenjar kecil pada dinding anus. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah munculnya benjolan berisi nanah dan pembengkakan di sekitar dubur. Selain itu, penyakit ini juga dapat menimbulkan nyeri berdenyut di area anus (terutama saat duduk), dan mengakibatkan pendarahan dari dubur.

  • Kanker Anus


Benjolan di sekitar dubur juga dapat disebabkan oleh kanker anus. Namun, gejala ini bukan satu-satunya dari gejala yang ditimbulkan penyakit kanker anus. Penyakit ini juga dapat ditandai dengan gejala lain, seperti gatal atau nyeri di area anus, pendarahan di dubur, kesulitan menahan buang air besar, hingga keluarnya cairan dari anus.

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/
Disqus Comments