Friday, August 23, 2019

Cara Mencegah Asma Kambuh


Pencegahan Asma. Asma merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya peningkatan respon terhadap saluran pernapasan. Kondisi ini ditandai dengan adanya penyempitan pada saluran pernapasan tersebut, yang  disertai dengan keluarnya lendir berlebihan dari kelenjar-kelenjar di dinding saluran pernapasan. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala batuk, bengek, mengi, dan sesak.
Asma sendiri bukanlah suatu penyakit yang menular, melainkan penyakit genetik (turunan). Maka dari itu, jika Anda memiliki anggota keluarga (misalnya orang tua) dengan riwayat penyakit asma, maka Anda pun memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mengidap penyakit ini.
Selain itu, penyakit asma juga dapat kambuh kapan saja secara mendadak ataupun perlahan-lahan. Untuk melakukan pencegahan asma, ada baiknya jika Anda mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan asma kambuh. 
Berikut ini beberapa faktor penyebab asma kambuh yang perlu Anda ketahui :
  • Faktor Makanan

Selain lingkungan, faktor makanan juga dapat menjadi penyebab kambuhnya asma. Makanan yang dapat memicu kambuhnya asma antara lain adalah, makanan cepat saji (junk food) yang memiliki kadar MSG (pengawet) tinggi. Selain itu, kacang yang mengandung alergen, cokelat, dan minuman dingin juga dapat memicu kambuhnya asma.
  • Faktor Lingkungan

Penyakit asma bisa kambuh akibat pengaruh lingkungan yang kurang nyaman, seperti lingkungan berasap dan banyak debu. Salah satu yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah asap kendaraan, asap rokok, dan jenis polusi udara lainnya. Hal tersebut dapat memicu kambuhnya asma. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membersihkan lingkungan sekitar Anda agar udara yang terhirup adalah udara yang bersih. Selain itu, jangan lupa untuk menjauhkan benda-benda yang sekiranya dapat memicu alergi, seperti bantal atau boneka berbulu halus dan juga kasur berbahan kapuk, yang bisa menjadi sarang debu.
  • Udara Dingin

Udara dingin memang tidak bersahabat dengan penderita asma. Pasalnya, udara dingin dapat menyebabkan asma kambuh dan memperparah kondisinya. Maka dari itu, bagi penderita asma sebaiknya menyiapkan hal-hal yang sekiranya diperlukan ketika akan pergi atau berada di tempat yang berudara dingin.
  • Flu

Penyakit flu dapat memicu kambuhnya asma, karena menyebabkan produksi lendir pada saluran pernapasan menjadi banyak. Kondisi ini tentunya dapat menghambat saluran pernapasan, sehingga penderita asma akan mengalami sesak napas.
  • Emosi yang tidak Stabil

Emosi yang tidak stabil akibat masalah tertentu, ternyata juga dapat memicu kambuhnya asma. Hal ini disebabkan karena, beban pikira yang berat dapat mengakibatkan tekanan mental pada seseorang.
Dengan mengetahui dan memahami faktor-faktor penyebab asma seperti yang telah disampaikan diatas, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mencegah dan menghindari kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan asma kambuh.
Disqus Comments