Monday, August 12, 2019

Tips Mengatasi Susah BAB Akibat Sembelit


Pernahkah Anda mengalami kesulitan saat buang air besar? Jika iya, berarti Anda sedang mengalami sembelit. Sembelit merupakan suatu kondisi dimana seseorang akan kesulitan buang air besar. Selain itu, sembelit juga menyebabkan seseorang buang air kecil kurang dari tiga kali dalam seminggu. Gejala yang dirasakan ketika Anda mengalami sembelit adalah, bab yang keras dan panas, serta perut yang terasa kaku akibat menumpuknya feses di dalam usus. Pada dasarnya, sembelit disebabkan oleh kurangnya asupan serat dan cairan dalam tubuh dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak. Meskipun sembelit bukan merupakan penyakit yang berbahaya, tetapi sembelit dapat menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Namun Anda tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara mengatasi susah bab akibat sembelit. Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi sembelit :

  • Cukupi Kebutuhan Serat


Seperti yang tadi sudah di bahas, sembelit dapat terjadi akibat kurangnya asupan serat. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi sembelit adalah dengan mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh. Hat tersebut dapat mengatur gerakan usus untuk menyerap lebih banyak air dan membentuk tinja. Selain itu, makanan yang mengandung banyak serat dapat menjaring residu pada saluran usus yang nantinya akan merangsang sistem pencernaan agar segera buang air besar. Cobalah mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti biji-bijian, pisang, pepaya, wortel, bayam atau kubis.

  • Perbanyak Minum Air Putih


Salah satu penyebab dari bab yang kering dan keras adalah kurangnya asupan cairan. Maka dari itu, agar buang air besar lancar, Anda harus mengonsumsi banyak air putih agar dapat membantu proses pengeluaran tinja. Akan tetapi, Anda harus menghindari minuman yang mengandung kafein, soda dan minuman beralkohol saat Anda mengalami sembelit. Hal tersebut disebabkan karena, minuman tersebut dapat menyebabkan kehilangan cairan yang diakibatkan oleh buang air kecil yang menigkat sehingga akan memperburuk sembelit.

  • Olahraga Teratur


Kurang berolahraga juga merupakan salah satu penyebab terjadinya sembelit. Maka dari itu, mulai dari sekarang biasakanlah olahraga secara teratur, karena olahraga dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sehingga dapat merangsang kontraksi otot diseluruh tubuh serta membantu pergerakan makanan agar lebih cepat melalui usus. Cobalah olahraga ringan seperti bersepeda atau jalan santai.

  • Jangan Menahan Buang Air Besar


Apabila Anda merasa harus buang air besar, maka segeralah pergi ke toilet. Hal tersebut disebabkan karena, seringnya menahan buang air besar dapat meningkatkan risiko terjadinya sembelit.

Itulah berbagai cara yang pastinya ampuh, untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit yang Anda alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!


https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments