Wednesday, August 7, 2019

Macam-Macam Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai


Ginjal merupakan salah satu organ yang penting bagi manusia. Macam-macam penyakit ginjal dapat disebabkan akibat gaya hidup yang tidak sehat, yaitu pola makan dan minum yang kurang baik. Penyebab utama terjadinya masalah pada ginjal adalan kurangnya asupan air putih di dalam tubuh, serta terlalu banyak megonsumsi minuman berasa, berwarna, serta berkarbonasi. Pasalnya, ketika Anda mengonsumsi minuman-minuman tersebut, maka ginjal harus bekerja lebih keras untuk memprosesnya. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka akan terjadi kerusakan pada ginjal Anda.

Ginjal sendiri berfungsi untuk membantu tubuh dalam melakukan penyaringan terhadap darah, kemudian mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang termasuk kedalam sistem eksresi manusia. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengjaga kesehaatan ginjal. Sebab, apabila kesehatan ginjal terganggu, maka zat-zat yang tidak terpakai di dalam tubuh akan semakin menumpuk dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini macam-macam penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui :

  • Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit pada ginjal yang disebabkan karena asam urat dan garam kalium yang mengendap di dalam ginjal yang kemudian akan mengalami proses pembentukan kalsium karbonat, sehingga menyebabkan terhambatnya aliran urine yang menyebabkan rasa nyeri.

  • Gagal Ginjal


Gagal ginjal merupakan suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal sebagai organ untuk menyaring darah. Gagal ginjal merupakan kondisi serius yang dapat mengakibatkan kematian. Pada akhirnya, ginjal tidak dapat membuat zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga zat-zat tersebut akan terus menumpuk di bagian dalam darah dan meracuni tubuh.

Penyebab utama dari gagal ginjal sendiri  adalah akibat terjadinya kerusakan nefron yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan yang terlalu berlebihan.

Baca Juga : Cara Ampuh Mencegah datangnya Anemia

  • Uremia


Uremia merupakan gangguan kesehatan pada ginjal yang terjadi akibat adanya penumpukan urea pada bagian dalam darah, sehingga menyebabkan terjadinya keracunan. Penyakit ini bisa juga dikatakan akibat dari gagal ginjal yang menyebabkan urea tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh, sehingga akan menumpuk di dalam darah.

  • Nefritis


Netrifis merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya kerusakan pada bagian glomelurus ginjal yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus

  • Anuria


Anuria merupakan kondisi dimana ginjal gagal pada saat melakukan proses produksi urine. Hal ini disebabkan karena kurang adanya tekanan saat proses penyaringan pada darah ataupun akibat adanya peradangan di bagian glomelurus.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kanker/
Disqus Comments