Wednesday, August 28, 2019

Cara Menghitung Masa Subur Wanita


Bagi Anda para wanita, pernahkah Anda merasa penasaran terhadap masa subur Anda? Pasalnya, banyak wanita yang penasaran akan masa subur mereka, terutama apabila Ia memiliki pasangan dan berencana untuk memiliki keturunan. Perlu Anda ketahui, bahwa ada waktu yang tepat untuk merencanakan memiliki keturunan bersama pasangan Anda. Hal ini disebabkan karena, tidak setiap waktu dapat memberikan hasil yang diinginkan dalam memiliki keturunan. Maka dari itu, penting bagi Anda para wanita untuk mengecek masa subur dengan menggunakan kalender masa subur maupun kalkulator masa subur wanita.
Menghitung masa subur dengan menggunakan metode kalender masa subur dapat Anda jadikan pilihan untuk mengetahhui kapan waktu berhubungan yang tepat agar bisa cepat mendapatkan keturunan. Namun, kekurangan dari metode ini adalah, diperlukan ketelitian dari seseorang yang sedang menghitung masa subur tersebut. Selain itu, Anda juga harus menandai masa subur di kalender setiap bulannya.
Oleh sebab itu, kalkulator masa subur wanita dapat dijadikan alternatif lain dalam menghitung masa subur wanita. Cara penggunaan kalkulator ini pun sangat mudah, yakni cukup dengan mengisi data hari pertama menstruasi terakhir, beserta lama siklus menstruasi.

Kegunaan Kalkulator Masa Subur Wanita

Apabila Anda berencana ingin memiliki anak, maka kalkulator masa subur dapat membantu dalam menentukan kapan saat yang tepat bagi Anda untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan Anda. Sebaliknya, kalkulator masa subur wanita juga dapat membantu Anda yang belum ingin mempunyai keturunan, agar Anda dapat menghindari berhubungan intin pada saat ovulasi terjadi. Pasalnya, pada saat ovulasi terjadi, kemungkinan untuk hamil sangat tinggi. Maka dari itu, kebanyakan kalkulator masa subur kerap disertai dengan kalender masa subur.
Ovulasi sendiri merupakan peristiwa pelepasan sel telur yang menandai bahwa wanita sedang berada pada masa suburnya, sehingga memiliki kemungkinan yang tinggi untuk hamil setelah melakukan hubungan intim. Wanita akan sangat subur pada hari sebelum dan setelah ovulasi. Namun, sperma hanya memiliki daya tahan selama 7 hari, sehingga terkadang kehamilan tidak terjadi secara langsung pada hari itu juga.
Kalkulator masa subur biasanya meminta Anda untuk mengisi data hari pertama dari menstruasi terakhir dan lama siklus menstruasi. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi terjadi hingga hari menstruasi berikutnya. Misalnya, Anda mengalami menstruasi pada tanggal 1 Agustus dan kembali mengalami menstruasi pada tanggal 29 Agustus, itu berarti lama siklus menstruasi Anda 28 hari.
Selain itu, kalkulator masa subur juga biasanya dilengkapi dengan prediksi kapan Anda melahirkan apabila Anda berhubungan intim pasa saat ovulasi. Perencaan kehamilan dengan menggunakan kalkulator masa subur akan sangat membantu dan memberikan hasil analisis yang lengkap.
Disqus Comments