Friday, August 9, 2019

Manfaat dan Efek Samping Asparagus bagi Kesehatan


Anda mungkin masih asing dengan nama asparagus. Pasalnya, jenis sayuran yang satu ini memang tidak terlalu umum ditemui, kecuali jika dimasak menjadi sup asparagus. Jenis sayuran ini biasanya lebih mudah ditemukan di supermarket yang memang menyediakan berbagai macam jenis sayuran yang cukup asing. Kandungan yang dimiliki asparagus sendiri tidak kalah baik dengan jenis sayuran lainnya. Namun, walaupun memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, asparagus juka dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Lantas apa saja manfaat dan efek samping asparagus bagi kesehatan? Simak jawabannya di bawah ini.
Sebelum membahas mengenai manfaat dan efek samping asparagus bagi kesehatan, perlu Anda ketahui bahwa asparagus dilengkapi dengan nutrisi yang istimewa, namun kalorinya sangat rendah. Kandungan nutrisi pada asparagus antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein, lemak, serat, kalium, folat, dan fosfor. Tak hanya itu, sayuran ini juga memiliki sejumlah kecil kandungan mikronutrien, seperti zinc, zat besi, dan riboflavin.

Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, berikut ini beberapa manfaat konsumsi asparagus yang sayang untuk dilewatkan :
  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pada dasarnya, pencernaan manusia membutuhkan asupan serat yang cukup agar dapat bekerja secara optimal. Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, Anda dapat mengonsumsi setengah cangkir asparagus seberat 1,8 gram. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi pada asparagus tidak akan mudah larut, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.
Sementara itu, kandungan serat larutnya dapat dijadikan makanan bagi bakteri baik yanng terdaoat di dalam usus, yakni bakteri Bifidobacteria dan Lactobacillus. Maka dari itu, menambahkan asparagus kedalam menu makan Anda dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.
  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi makanan sumber kalium dan mengurangi asupan garam, merupakan cara efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
Asparagus merupakan makanan sumber kalium yang baik untuk membantu menurukan tekanan darah tinggi, dengan cara mengoptinalkan kinerja pembuluh darah dan mengeluarkan kelebihan garam melalui urin.
  • Menjaga Kesehatan Kehamilan

Asparagus juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan Ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungannya. Pasalnya, asparagus memiliki kandungan asam folat tinggi yang merupakan nutrisi penting bagi Ibu hamil.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan Anda, Anda dapat memasukkan asparagus kedalam menu diet Anda. Hal ini disebabkan karena, asparagus memiliki kandungan kalori dalam jumlah yang rendah. Kandungan kalori pada asparagus hanya sekitar 20 kal dalam setengah cangkir.
Selain itu, kandungan serat tinggi yang dimiliki asparagus tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, tetapi juga bermanfaat dalam proses penurunan berat badan.

Efek Samping Asparagus

Asparagus akan memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Namun, belum ada informasi pasti mengenai keamanan konsumsi asparagus dalam jumlah yang banyak sebagai obat.
Meskipun begitu, asparagus emiliki efek samping berupa reaksi alergi, seperi asma, iritasi, sindrom alergi oral, peradangan kulit, dan adafilaksis. Selain itu, mengonsumsi asam urat berlebihan pun dapat menyebabkan terjadinya asam urat.
Disqus Comments