Tuesday, July 23, 2019

Mengetahui Perbedaan Kanker Hati dan Tumor Hati


Hati adalah salah satu organ yang penting di dalam tubuh manusia. Organ ini berfungsi sebagai sistem pencernaan untuk membuang racun dari dalam tubuh, mengendalikan kolesterol dan lemak, mengatur hormon, serta menyimpan vitamin tertentu. Namun, hati seseorang bisa juga terserang penyakit seperti tumor dan kanker. Lalu apa perbedaan kanker hati dan tumor hati? Simak jawabannya pada ulasan berikut.

Kanker hati merupakan suatu penyakit yang amat sangat berbahaya. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus, atau yang dikenal juga dengan penyakit hepatitis A, hepatitis B, ataupun hepatitis non A dan hepatitis non B. Selain virus, penyakit ini juga dapat terjadi akibat pola makan yang buruk. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh pengaruh zat-zat kimia yang terdapat pada obat-obatan, seperti parasetamol, arsenal, antibiotika, dan lain-lain.

Sedangkan, tumor hati sendiri dibedakan menjadi tumor hati jinak (benign) yang tidak bersifat kanker atau ganas, dan kanker hati ganas (malignant) yang terdapat sel kanker. Tumor jinak yaang paling umum terjadi adalah hemangioma, hiperplasia fokal nodular, dan hepatocellular adenoma.

Meskipun kanker hati dan tumor hati merupakan dua peyakit serius yang menyangkut organ penting, namun Anda dapat mencegah dan mengatasinya dengan tanaman herbal, seperti :

Baca Juga : Sering Tertukar, Ini Dia Perbedaan Flu dan Pilek
  • Daun Sirsak

Sirsak merupakan tanaman yang menghasilkan buah dengan rasa yang segar dan nikmat. Banyak orang yang mengonsumsi buah ini untuk menghilangkan dahaga, terutama di siang hari. Selain itu, sirsak juga kerap dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Namun tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, melainkan biji, akar, dan daunnya pun bermanfaat sebagai obat herbal.

Daun sirsak merupakan tanaman herbal yang memiliki manfaat dalam menumpas sel kanker. Pasalnya, daun sirsak memiliki kandungan super yang bernama acetogennins yang mampu melawan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker hati.
  • Tapak Dara

Tapak Dara (Catharanthus roseus) merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah banyak dilestarikan oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Selain menjadi tanaman hias, tanaman ini juga dapat tumbuh liar di pekarangan rumah. Meskipun begitu, jangan pernah anggap remeh tanaman yang satu ini, sebab hampir seluruh bagian dari tapak dara memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun tapak dara memiliki kandungan alkaloid yang terdiri dari vinblastin dan vinkristin. Kedua senyawa tersebut berbentuk antineocristine yang mampu melawan sel kanker. Tak hanya itu, bunga dan batang dari tanaman ini memiliki kandungan alkoloida catharantine yang memiliki sifat anti-kanker. Maka dari itu tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengobati kanker, termasuk kanker hati.
  • Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman yang berasal dari India, namun juga banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini juga kerap dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang mengatasi berbagai jenis penyakit. Salah satu bagian dari tanaman ini, yakni daunnya memiliki banyak senyawa andrographolide yang merupakan jenis senyawa lakton. Senyawa ini telah terbukti mampu melindung organ hati dari berbagai gangguan kesehatan.

Daun sambiloto dipercaya mampu membantu mencegah sekaligus mengobati penyakit serius seperti kanker hati. Pasalnya, kandungan yang terdapat pada daun sambiloto dapat membantu melawan sel kanker.

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/
Disqus Comments