Tuesday, July 30, 2019

Penyebab Tersedak secara Terus Menerus


Selain tersedak makanan, seseorang juga dapat tersedak air liurnya sendiri. Pada dasarnya, hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi. Namun jika terjadi secara terus menerus, bisa jadi merupakan suatu gejala yang menandakan adanya masalah kesehatan. Lantas apa saja yang menjadi penyebab tersedak air liur sendiri? Dan masalah apa saja yang mungkin terjadi akibat kondisi ini? Simak jawabannya dalam ulasan berikut.

Air liur sendiri diproduksi oleh kelenjar eksorin, yang mana berguna untuk membantu mencerna makanan serta menjaga kebersihan mulut dari bakteri dan kuman.

Setiap hari, tubuh Anda akan memproduksi sekitar 1 hingga 2 liter air liur yang kemuadian tertelan. Namun, terkadang air liur tidak dapat mengalir ke tenggorokan dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan seseorang tersedak air liurnya sendiri hingga sulit bernapas. Anda juga dapat tersedak ketika makan sambil berbicara.

Meskipun tersedak merupakan kondisi yang umum dan wajar, namun bukan berarti Anda dapat mengabaikannya jika terlalu sering mengalaminya. Karena, bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan Anda sering tersedak air liur sendiri :


  • Refluks Asam Lambung



Penyakit refluks asam lambung terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan mulut. Keika hal ini terjadi, maka produksi air liur akan meningkat untuk membersihkan zat asam tersebut. Tak hanya itu, asam lambung juga dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan Anda sulit menelan, sehingga air liur menggenang di belakang mulut Anda. Maka dari itu, Anda dapat tersedak air liur sendiri. Gejala lain dari penyakit refluks asam lambung adalah nyeri dan sensasi terbakar di dada, mulas, mual, dan regurgitasi.

Baca Juga : Bahaya Refluks Asam Lambung


  • Gangguan Tidur



Nyatanya, tersedak tidak hanya dialami ketika Anda sedang makan atau minum saja. Beberapa orang bahkan pernah merasakannya ketika sedang terlelap. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh gangguan tidur seperti sleep apnea obstruktif.

Tersedak saat sedang tidur bisa terjadi ketika air liur berkumpul di mulut, kemudian mengalir ke paru-paru. Pada akhirnya kondisi ini menyebabkan pernapasan Anda terganggu.


  • Masalah pada Otot dan Saraf



Pada dasarnya, gerakan menelan makanan maupun minuman erat kaitannya degan otot dan saraf. Ketika seseorang memiliki masalah pada otot dan saraf, maka kemungkinan besar mereka akan kesulitan untuk menelan, serta sering tersedak makanan, minumam, dan air liur sendiri.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan seseorang sering tersedak, antara lain adalah stroke, demensia, parkinson, dan mereka yang mengalami cedera otak atau saraf tulang belakang.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/
Disqus Comments