Thursday, July 4, 2019

Jenis Anemia Beserta Cara Pengobatannya


Pengobatan Anemia. Anemia merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh rendahnya jumlah sel darah merah hingga di bawah normal. Anemia juga dapat disebabkan karena sel-sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. Hemoglobin sendiri merupakan jenis protein yang kaya akan zat besi , dimana Ia akan memberikan warna merah pada darah. Protein tersebut akan membantu sel sarah merah mengangkut oksigen ke paru-paru dan membawanya ke seluruh tubuh. Pengidap anemia tidak akan mendapatkan cukup darah yang kandungan oksigennya tinggi. Maka dari itu, penderita anemia kerap merasa lelah dan lesu. Selain itu, gejala lain seperti sakit kepala, pusing dan sesak napas pun sering dirasakan oleh penderita anemia.

Anemia sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis anemia beserta cara pengobatannya :

Pengobatan Penyakit Anemia Turunan


Anemia merupakan penyakit yang dapat diturunkan oleh orang tua dengan gen tertentu. Meskipun banyak jenisnya, penyakit anemia turunan (anemia herediter) terbagi menjadi dua kategori, yaitu :


  • Anemia hemolitik : merupakan suatu kondisi dimana sel-sel darah merah hancur terlalu cepat. Pengobatan tiap pasien bergantung pada jenis, gejala, serta tingkat keparahan anemia yang di derita secara spesifik. Biasanya, selama perawatan dokter akan terus mengamati jumlah dan pertumbuhan sel darah merah dan memantau pengembangan batu empedu. Pengobatan untuk anemia hemolitik sendiri adalah steroid dan transfusi darah.
  • Inherited Bone Marrow Failure Syndrome (IBMFS) : merupakan gangguan yang termasuk langka, dimana sumsum tidak dapat memproduksi sel darah yang cukup, begitu juga dengan sel darah merah. Beberapa pasien pengidap IBMFS dapat berujung dengan leukimia atau kanker lain. Selain itu, pada beberapa kasus, pasien dengan anemia herediter ini memerlukan transplantasi tulang atau sel induk. Meskipun cara ini efektif dalam menyembuhkan anemia, namun pengobatan ini tak lepas dari risiko.

Pengobatan Anemia Defisiensi Besi


Anemia defisiensi besi merupakan jenis penyakit anemia yang paling umum. Penyakit ini disebabkan oleh rendahnya jumlah zat besi di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak dapat membuat hemoglobin. Penyebab umum terjadinya anemia defisiensi besi adalah pola makan yang tidak sehat, ketidakmampuan tubuh dalam menyerap zat besi, atau kehilangan darah.

Jenis anemia ini umumnya dapat diatasi dengan mengonsumsu suplemen zat besi, serta menerapkan pola makan sehat. Penderita juga harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya zat besi agar kondisi anemia tidak memburuk.

Pengobatan Anemia Akibat Kekurangan Vitamin


Anemia defisiensi vitamin disebabbkan oleh rendahnya jumlah vitamin B-12 dan folat di dalam tubuh. Orang-orang yang berisiko tinggi mengalami anemia defisiensi vitamin ini adalah, orang tua, pelaku penyalahgunaan obat, dan beberapa pasien bedah. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk penyakit ini adalah, dengan memperbaiki pola makan, mengonsumsi suplemen untuk kekurangan asam folat, serta mendapat suntikan vitamin B-12 bagi yang kekurangan vitamin tersebut.

Pengobatan Anemia untuk Penyakit Kronis


Penyakit kronis juga dapat menyebabkan penyakit anemia. Orang-orang yang berisiko tinggi terkena anemia adalah, penderita penyakit autoimun atau inflamasi, penyakit ginjal, gangguan pada organ hati atau tiroid, infeksi kronis tertentu, dan beberapa jenis kanker.

Pasien dengan penyakit ginjal atau kanker yang menjalani kemoterapi, terkadang juga menerima pengobatan untuk merangsang produksi sel darah merah. Namun, terapi pengobatan tersebut membutuhkan peran hematologi dan diskusi lebih lanjut.

Disqus Comments