Wednesday, July 10, 2019

Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan dan Kecantikan


Roti merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang hampir di semua kalangan. Selain lezat dan bergizi, roti juga disukai karena praktis untuk disajikan sebagai menu sarapan ataupun untuk dibawa kemana-mana. Saat ini tidak hanya roti tawar biasa yang digemari oleh orang-orang, namun roti gandum juga merupakan salah satu jenis roti yang digemari. Pasalnya, manfaat roti gandum dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, dan juga lebih menyehatkan daripada roti biasa.

Roti gandum memiliki kandungan serat dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan roti tawar biasa. Hal ini disebabkan karena, roti gandum secara utuh terdiri dari tiga lapisan lengkap, yaitu endosperma, dedak, dan benih. Ketiga lapisan tersebut merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh, sedangkan roti tawar putih biasa sudah tidak memiliki bagian dedak dan benih, sehingga nutrisi yang terkandung pun ikut hilang.

Roti gandum menjadi makanan yang sering dijadikan menu diet bagi mereka yang tengah berusaha menurunkan berat badan. Selain itu, roti gandum masih memiliki manfaat lainnya. Diantaranya adalah :


  • Menjaga Kesehatan Pencernaan



Roti gandum memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda, serta menjaga kesehatan usus besar agar terbebas dari bakteri jahat dan racun. Jika Anda mengonsumsi roti gandum secara rutin, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit.

Baca juga : Cara Mudah untuk Mengatasi Sembelit


  • Mencegah Penyakit Jantung



Sebuah penelitian menyatakan bahwa, seseorang yang sering mengonsumsi roti gandum akan terhindar dari penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan karena, roti gandum memiliki kemampuan untuk membasmi kolesterol yang ada pada arteri, Tak hanya itu, mengonsumsi roti gandum juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.


  • Mengatasi Daiabetes



Kandungan indeks glikemik yang terdapat pada roti gandum lebih rendah daripada roti tawar putih. Maka dari itu, roti gandum lebih aman untuk dikonsumsi penderita peyakit diabetes. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada roti gandum dapat membantu mengendalika lonjakan gula darah di dalam tubuh.


  • Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama



Roti gandum merupakan menu makanan diet sebab dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak mudah lapar dan tidak banyak makan.


  • Meningkatkan Energi



Roti gandum adalah makanan sehat yang kaya akan karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat pada roti gandum akan diubah menjadi energi yang akan Anda gunakan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.


  • Mencegah Penuaan Dini



Roti gandum memiliki kandungan vitamin B dan protein tinggi, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah Anda. Selain itu, kandungan vitamin E yang terdapat pada roti gandum pun cukup tinggi, sehingga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti noda hitam dan kerutan-kerutan di wajah.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-rahim/
Disqus Comments