Thursday, July 25, 2019

Jam Tidur Ideal untuk Bayi


Setiap orang tentunya membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh mereka.  Namun, bayi memang memiliki jam tidur yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa, terutama bayi yang baru lahir. Jam tidur yang baik untuk bayi akan sangat membantu tumbuh kembang bayi. Hal ini disebabkank karena hormon perkembangan pada bayi justru akan bekerja secara aktif saat bayi sedang terlelap. Maka dari itu, bayi bisa saja tidur seharian dan hanya akan bangun sebentar untuk sekedar menyusu. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jam tidur untuk bayi sesuai dengan rentang usianya. Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini waktu ideal yang dibutuhkan bayi untuk tidur :


  • Bayi 0-3 Bulan



Bayi yang baru lahir memang membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk tidur. Dalam satu hari, bayi yang baru lahir bisa menghabiskan waktu 16-17 jam untuk tidur. Namun, pola tidurnya tidak beraturan, bisa beberapa menit hingga beberapa jam dalam satu waktu. Bahkan, mereka juga bisa tidur sepangjang hari dan terbangun selama beberapa saat hanya untuk menyusui.

Ketika berusia 1 bulan, jam tidur bayi mulai berkurang menjadi 14-16 jam sehari. Waktu tersebut dibagi menjadi 6-7 jam di siang hari, dan 8-9 jam di malam hari.

Saat usia bayi menginnjak 3 bulan, maka jam tidur pun semakin berkurang di siang hari, namun meningkat di malam hari. Lamanya tidur malam mencapai 10-11 jam, sedangkan tidur siang menjadi 4-5 jam.

Jam tidur bayi yang baru lahir memang kerap membuat orang tua kelelahan, namun itu semua merupakan hal yang normal dan dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh kembangnya.


  • Bayi 3-6 Bulan



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ketika menginjak usia 3 bulan, jam tidurnya akan bertambah di malam hari dan berkurang di siang hari,  dengan jumlah total 14-16 jam perhari.

Baca Juga : Beberapa Makanan yang Dapat Menyebabkan Kolik Pada Bayi

Sedangkan di usia 4-6 bulan, biasanya bayi sudah mulai memiliki pola tidur yang jelas dan teratur, yaitu sekitar 5 kali dalam sehari dimana durasi tidur malam lebih panjang dibandingkan dengan tidur siang.


  • Bayi 7-9 Bulan



Di rentang usia ini, biasanya bayi membutuhkan waktu untuk tidur sebanyak 14 jam sehari, dimana durasi tidurnya di malam hari lebih panjang dibandingkan dengan di siang hari. Bayi dapat menghabiskan waktu 11 jam untuk tidur di malam hari, dan sekitar 2-3 jam di siang hari. Hal ini disebabkan karena, bayi mulai memiliki aktivitas fisik yang banyak dilakukan pada siang hari, seperti belajar tengkurap dan merangkak. Aktivitas ini juga yang membuat bayi memerlukan waktu tidur lebih lama di malam hari.


  • Bayi 10-12 Bulan



Kebutuhan tidur bayi menjelang usia satu tahun umumnya masih sama seperti sebelumnya, yakni sekitar 14 jam dalam sehari. Pada usia 10-12 bulan bayi juga memiliki waktu tidur yang lebih lama di malam hari dan hanya menyusui di pagi dan siang hari meskipun bayi tetap menyusu di malam hari. Selain itu, jadwal tidur siang untuk bayi di rentang usia ini umumnya sudah mulai terprediksi.

https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments