Monday, July 1, 2019

Efek Samping Konsumsi Teh Hijau Berlebihan


Teh hijau merupakan bahan herbal yang sangat dikenal akan khasiatnya yang sangat bak untuk kesehatan tubuh. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, serta menurunkan berat badan secara efektif. Bahkan tak jarang teh hijau dijadikan minuman harian bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Namun tahukah Anda efek samping minum teh hijau berlebihan?

Berikut ini bahaya konsumsi teh hijau secara berlebihan :


  • Mengurangi Kandungan Zat Besi



Teh hijau merupakan minuman yang dikenal dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Namun, bukan berarti minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat menurunkan berat badan Anda secara cepat. Mengonsumsi teh hijau secara berlebihan justru dapat membuat tubuh kekurangan zat besi yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini disebabkan karena, teh hijau dan jenis teh lainnya dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi teh hijau dalam takaran yang pas.

  • Overdosis Kafein



Anda mungkin tahu bahwa teh memiliki kandungan kafein layaknya kopi, begitu juga dengan teh hijau. Apabila Anda mengonsumsi teh hijau secara berlebih, maka jumlah kafein di dalam tubuh pun akan bertambah. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit kepala, sakit maag, gangguan tidur, gangguan kecemasan, hingga dapat merusak mood Anda.


  • Diare



Kafein yang terkandung di dalam teh hijau memiliki efek pencahar, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare. Maka dari itu konsumsilah teh hijau secukupnya dan dalam kondisi perut yang telah terisi sebelumnya.


  • Meningkatkan Asam Lambung



Teh hijau memang tidak disarankan untuk diminum dalam keadaan perut kosong. Pasalnya, teh hijau memiliki kandungan polifenol yang dapat meningkatkan asam lambung, sehingga menyebabkan sakit perut,  sensasi terbakar, mual-mual, hingga sembelit. Makadari itu, minumlah teh hijau di sela-sela waktu makan atau sesudah makan.

Baca Juga : 5 Obat Asam Lambung Herbal Paling Ampuh


  • Merusak Organ Hati



Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsi teh hijau sebab hal tersebut tidaklah aman. Obat-obatan seperti antibiotik, obat asma, stimulan, jika digabungkan dengan teh hijau dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan organ hati.


  • Kontraksi Otot



Konsumsi teh hijau yang berlebihan dapat menyebabkan kejang otot dan kedutan. Hal ini disebabkan oleh kafein yang berhubungan dengan sindrom kaki gelisah, sehingga memaksa otot untuk berkontraksi dan menyebabkan kejang ada otot kaki.

https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments