Wednesday, July 17, 2019

Cara Ampuh Mencegah datangnya Anemia


Anemia merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Penyakit ini menyebabkan penderitanya akan merasa lemah dan lesu, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara maksimal.

Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek ataupun panjang, mulai dari tingkat keparahan yang ringan hingga berat. Cara mengatasi penyakit ini pun tergantung pada penyebabnya. Pasalnya, anemia sendiri bisa disebabkan akibat kekurangan zat besi ataupun anemia yang terjadi selama masa kehamilan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah penyakit anemia, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah datangnya penyakit anemia :


  • Penuhi Kebutuhan Zat Besi 



Untuk menghindari penyakit anemia, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa asupan zat besi terpenuhi melalui makanan yang Anda konsumsi. Anda dapat mengonsumsi makanan seperti daging merah, hati sapi, serta kerang-kerangan seperti kerang hijau ataupun udang. Selain itu, asupan zat besi juga dapat Anda peroleh dari kale, kacang-kacangan, dan sayuran hijau seperti bayam.


  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12



Selain zat besi, pencegahan anemia juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Tak hanya itu, vitamin B12 juga berfungsi dalam memaksimalkan penyerapan zat besi.

Anda dapat memperoleh asupan vitamin B12 dari beberapa sumber pangan, seperti ikan salmon dan ikan tuna, telur, dan juga produk olahan susu seperti yogurt dan keju.


  • Perbanyak Asupan Vitamin C dan Asam Folat



Selain vitamin B12, penyerapan zat besi di dalam tubuh juga perlu didukung dengan asupan vitamin C dan asam folat. Kedua zat tersebut dapat membantu tubuh dalam memaksimalkan zat besi. Vitamin C dapat Anda peroleh dari buah-buahan seperti aneka jeruk, stroberi, dan nanas, serta paprika, brokoli, bayam, dan kale. Sedangkan folat dapat Anda temuakan di berbagai buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, pisang, stroberi, dan sayuran hijau. Selain itu, folat juga dapat Anda temukan pada roti, dan sereal yang difortifikasi.

Baca Juga : 4 Fakta Mengejutkan Tentang Darah Manusia


  • Hindari Konsumsi Kafein



Untuk mencegah penyakit anemia, Anda juga perlu membatasi asupan kafein seperti minum kopi, teh, maupun coklat. Pasalnya, zat tersebut dapat menghambat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.


  • Konsumsi Obat Penambah Darah



Dalam beberapa kasus, mengonsumsi makanan penambah darah saja tidak cukup untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi obat penambah darah untuk mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah.


https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments