Friday, July 5, 2019

Bahaya Kutu Rambut yang Perlu Diwaspadai


Salah satu masalah pada rambut rambut, khususnya pada wanita dan anak-anak adalah munculnya kutu rambut. Kutu rambut merupakan parasit yang ada dan berkembang biak di kulit kepala dan juga batang rambut. Meskipun banyak dialami oleh anak-anak, namun orang dewasa juga sering mengalami masalah ini. Bahaya kutu rambut sebenarnya bukan hal yang perlu dicemaskan. Meskipun terasa gatal dan dapat mengganggu penampilan, kutu rambut tidak akan membahayakan kesehatan secara langsung. 

Meskipun begitu, bukan berarti kutu rambut bisa dibiarkan begitu saja. Jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki kutu rambut, sebaiknya segera cari cara untuk mengatasinya. Biasanya, orang-orang akan menggunakan obat pembasmi kutu yang mengandung bahan kimia untuk mengatasi kutu rambut. Namun, bahan kimia yang terdapat dalam obat pembasmi tersebut, tak jarang menimbulkan efek samping seperti iritasi pada kulit kepala, sehingga Anda perlu berhati-hati.

Berikut ini bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kutu rambut :


  • Eksim



Salah satu gangguan kulit yang muncul akibat rasa gatal yang disebabkan oleh kutu rambut adalah ruam, koreng, dan eksim. Eksim merupakan gangguan pada kulit, yang ditandai dengan munculnya bengkak, radang, serta kemerahan pada permukaan kulit. Eksim juga biasanya disertai dengan rasa gatal. Meskipun kondisi ini tidak menular, namun penderitanya akan merasa tidak nyaman. 

Apabila kutu rambut tidak segera dibasmi, maka seseorang akan kesulitan menahan diri agar tidak menggaruk kepalanya, bahkan secara terus-menerus. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit lecet, sehingga risiko terjadinya eksim pun tinggi.


  • Pedikulosis



Pedikulosis adalah infeksi pada kulit kepala manusia yang disebabkan oleh parasit Pediculus, seperti kutu rambut. Saat kutu menggigiti kulit kepala Anda untuk menghisap darah, maka Ia juga meneteskan air liurnya. Air liur inilah yang membuat kepala Anda terasa gatal, kotor, dan bau. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit kepala.


  • Impetigo



Bahaya kutu rabut yang paling ditakuti adalah impetigo. Impetigo adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri streptococcus atau staphylococcus. Keberadaan bakteri tersebut memanglah bukan hal yang asing bagi kulit. Namun, jika permukaan kulit Anda mulus, tidak ada lecet dan luka, maka bakteri tersebut tidak akan sampai masuk kedalam tubuh. Akan tetapi, jika pada kulit Anda terdapat luka atau goresan, maka bakteri dapat masuk dengan mudah, serta dapat berkembang di dalam tubuh, sehingga menyebabkan infeksi. Keberadaan kutu rambut, dapat menimbulkan rasa gatal, sehingga membuat Anda menggaruknya. Jika Anda menggaruknya secara brutal, maka kulit Anda akan luka. Hal tersebut akhirnya menyebabkan infeksi akibat bakteri streptococcus atau staphylococcus masuk kedalam tubuh.

Selain itu, impetigo merupakan infeksi yang memiliki potensi menular tinggi. Biasanya, penularannya dapat terjadi melalui kontak fisik baik secara langsung maupun melalui perantara.

Baca Juga : Bagaimakah Cara Penularan Penyakit Lupus?

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/

Disqus Comments