Tuesday, July 9, 2019

Manfaat Mengonsumsi Kentang Bagi Kesehatan


Kentang adalah salah satu makanan yang merupakan sumber karbohidrat, yang sering kali dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang tergolong mudah diolah untuk dijadikan makanan. Makanan yang memiliki nama latin Solonalum tuberosum ini juga tergolong murah dan mudah didapatkan. Selain memiliki rasa yang lezat, Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat dari mengonsumsi kentang. Apa saja manfaat kentang untuk kesehatan? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini berbagai manfaat kentang untuk kesehatan :


  • Mengandung Antioksidan



Kentang merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, asam fenolik, dan karetonoid. Senyawa-senyawa tersebut akan mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Radikal bebas yang menumpuk merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Untuk menurunkan risiko penyakit-penyakit tersebut, Anda dapat mengonsumsi kentang. Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kentang yang diolah melalui proses penggorengan.


  • Bebas Gluten



Gluten merupakan jenis protein yang terdapat dalam biji-bijian, seperti biji gandum. Bagi Anda yang mengalami masalah dalam mengolah gluten, seperti penderita penyakit celiac, maka Anda dapat menonsumsi kentang. Pasalnya, kandungan zat pada kentang bebas akan gluten.

Meskipun begitu, bukan berarti semua makanan yang terbuat dari kentang bebas gluten. Beberapa hidangan seperti roti kentang atau kentang dalam saus memiliki kandungan gluten.


  • Menjaga Kesehatan Jantung



Karotenoid yang terdapat pada kentang dapat membantu menjaga KESEHATAN jantung dengan baik. Selain itu, vitamin C dan vitamin B6 di dalamnya juga dapat membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya.


  • Baik untuk Pencernaan



Pati resisten pada kentang berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Pati resisten yang terdapat dalam kentang sebagian besar diubah menjadi asam lemak rantai pendek butirat, yang merupakan sumber makanan pilihan untuk bakteri dan usus. Butirat tersebut dapat membantu memperkuat pertahanan usus besar, mengurangi peradangan pada usus besar, serta mengurangi risiko kanker kolorektal.


  • Menjaga Tekanan Darah



Manfaat lain dari kentang adalah dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil. Hal ini disebabkan karena, kentang merupakan sumber kalium yang baik, bahkan kadar kalium yang terdapat pada kentang lebih banyak daripada kandungan kalium pada pisang.

Kalium merupakan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pembuluh darah agar melebarkan ukurannya. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan kalsium dan magnesium, yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.
Disqus Comments