Wednesday, July 31, 2019

Bahaya Kandungan Merkuri pada Kosmetik


Apa itu merkuri? Merkuri atau yang juga dikenal sebagai air raksa merupakan salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam bebas dan tersebat dalam tanah, air, batu-batuan, biji tambang dan urdara sebagai senyawa organik dan anorganik.

Jika Anda penggemar kosmetik, kemungkinan Anda sudah tidak asing lagi dengan zat merkuri. Pasalnya, merkuri juga sangat populer dalam kandungan beberapa produk kosmetik, seperti pemutih. Sebab, merkuri memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dan bersinar dalam waktu singkat. Padahal, merkuri merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan sebaiknya Anda perlu waspada terhadap penggunaannya.

Berikut ini bahaya penggunaan merkuri bagi kesehatan tubuh :


  • Membuat Kulit Semakin Pucat



Menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan merkuri nyatanya tak membuat kulit Anda putih merona, melainkan putih pucat. Hal ini justru akan membuat masalah baru, yakni munculnya flek hitam pada kulit wajah. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah produk kosmetik atau perawatan kulit yang terbuat dari bahan alami agar tidak menimbulkan masalah untuk kecantikan wajah maupun kesehatan tubuh Anda.


  • Iritas pada Kulit



Selain membuat kulit menjadi lebih pucat, kandungan merkuri pada produk kosmetik juga dapat menyebabkan iritasi. Biasanya, iritasi yang muncul akibat merkuri berupa gatal-gatal, muncul ruam, serta membuat kulit menjadi kemerahan. Penggunaan merkuri dalam jangka panjang juga dapat menimbulkan dampak yang lebih serius pada kulit.


  • Kanker Kulit



Kebiasaan menggunakan produk kosmetik yang mengandung merkuri akan menimbulkan dampak yang sangat parah, yaitu kanker kulit. Pasalnya, kandungan merkuri dapat meresap kedalam tubuh dan menyebabkan tumbuhnya virus kanker yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Obat Herbal Yang Berkhasiat Untuk Menyembuhkan Kanker Serviks


  • Mengganggu Fungsi Otak



Selain berbahaya bagi kesehatan kulit, merkuri juga dapat menyebabkan berkurangnya fungsi otak pada tubuh. Dalam kondisi yang lebih serius, kandungan merkuri dapat menyebabkan fungsi otak terganggu. Hal ini bisa terjadi, ketika makanan yang Anda konsumsi tercemar oleh logam merkuri. Sebaiknya, perhatikan bahwa makanan yang Anda konsumsi benar-benar sehat dan bersih.


  • Menghambat Pertumbuhan Janin



Ibu hamil memang tidak boleh menggunakan sembarang kosmetik, terutama kosmetik yang memiliki kandungan merkuri. Pasalnya, kandungan merkuri yang terdapat pada kosmetik ataupun makanan akan berdampak pada pertumbuhan janin. Terlalu sering terpapar logam merkuri juga dapat memperlambat tumbuh kembang janin. Lebih parahnya lagi, kandungan merkuri juga dapat menyebabkan keguguran. Maka dari itu, sebaiknya ibu hamil menggunakan bahan alami untuk merawat kulit demi kesehatan Ibu dan buah hati.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-rahim/
Disqus Comments