Friday, June 14, 2019

Tips Menggunakan Kencur untuk Mengobati Batuk


Siapa sih yang tidak pernah mengalami batuk? Batuk merupakan penyakit yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Biasanya batuk juga disertai dengan pilek atau flu. Sebenarnya, batuk merupakan penyakit yang terjadi akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga virus dan bakteri lebih mudah menyerang. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena batuk merupakan reaksi tubuh untuk membersihkan kotoran pada tenggorokan dan saluran pernapasan akibat alergi. Banyak obat-obatan yang dapat Anda gunakan untuk meredakan batuk, mulai dari obat-obatan berbahan kimia, hingga obat-obatan tradisional. Berbicara tentang obat tradisional, khasiat kencur untuk batuk memang tidak diragukan lagi keampuhannya.

Sejak jaman dulu, kencur adalah rempah asli Indonesia yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek secara efektif tanpa adanya efek samping tertentu. Berikut ini tips menggunakan kencur untuk mengobati batuk yang dapat Anda lakukan di rumah :


  • Mengunyah Kencur secara Langsung



Ketika batuk, Anda dapat mengunyah kencur yang sebelumnya telah dicuci dan dikupas kulitnya. Kunyah kencur sebanyak 2 hingga 3 siung hingga halus, lalu telan. Lakukan cara ini dua kali sehari secara rutin selamam Anda batuk. Mungkin rasanya akan sedikit aneh, namun mengunyah kencur merupakan cara yang ampuh dalam menyembuhkan batuk secara cepat.


  • Minum Air Perasan Kencur



Jika Anda tidak mau mengunyah kencur secara langsung, maka Anda dapat melakukannya dengan meminum air perasan kencur. Caranya adalah dengan memarut atau menghaluskan sebanyak 3 hingga 5 siung kencur ukuran sedang, kemudian saring dan minum airnya. Anda dapat meminum air perasan kencur dengan air hangat agar tenggorokan Anda hangat dan nyaman.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Kecantikan

  • Menambahkan Kencur dengan Madu



Agar rasanya lebih nikmat, Anda dapat mencampurkan air perasan kencur yang telah Anda buat dengan beberapa sendok madu murni, sesuai dengan selera Anda. Akan lebih baik jika mencampurkan 3 sendok makan air kencur dengan satu sendok makan madu, dan minum ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari secara rutin. Cara ini dipercaya dapat menyembuhkan batuk dengan baik dan cepat.


  • Menambahkan Kencur dengan Jahe



Selain madu, manfaat kencur sebagai obat untuk menyembuhkan batuk juga dapat digunakan bersamaan dengan rempah lainnya, yaitu jahe. Caranya adalah, memarkan beberapa siung kencur dan jahe, kemudian rebus kedalam air mendidih. Setelah air rebusan menyusut hingga tersisa setengahnya, saring kedua bahan tersebut dan minum airnya selagi di saat hangat. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula aren agar rasanya manis.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-payudara/
Disqus Comments