Wednesday, June 26, 2019

Penyebab Munculnya Bercak Putih di Lidah


Bercak putih di lidah merupakan suatu kondisi yang berhubungan dengan kebersihan mulut Anda. Lidah dapat ditumbuhi bercak putih ketika papila (benjolan kecil) yang melengkung pada lidah membengkak dan kemudian meradang. Hal ini dapat menyebabkan bakteri, jamur, kotoran, sel-sel mati, dan sisa makanan terjebak di antara papila yang membesar, sehingga pada akhirnya merubah warna lidah yang seharusnya merah menjadi warna putih. 

Penyebab dari munculnya bercak putih pada lidah adalah, jarang menyikat gigi dan melakukan flossing, mulut kering, dehidrasi, bernafas melalui mulut, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan iritasi. Selain itu, timbulnya bercak putih di lidah juga dapat dipengaruhi oleh beberapa kondisi. Diantaranya adalah :


  • Sifilis



Sifilis merupakan penyakit kelamin yang dapat menyebabkan luka di mulut Anda. Penyakit ini disebabkan oleh adanya penularan infeksi bakteri Treponema palidium, yang terjadi ketika seseorang melakukan kontak fisik atau hubungan seksual dengan orang lainnya yang terinfeksi bakteri penyebab sifilis. Sifillis dapat menyebar melalui kontak langsung seperti saat berciuman. Jika penyakit ini tidak diobati, maka bercak putih bisa timbul di lidah Anda.

Baca Juga : Efek Samping Bawang Putih untuk Vagina


  • Leukoplakia



Leukoplakia merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya bercak putih di pipi bagian dalam, sepanjang gusi, hingga lidah Anda. Hal ini dapat disebabkan akibat merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, dan mengunyah tembakau. Meskipun begitu, bercak putih akibat leukoplakia umumnya tidak berbahaya. Namun, dalam kasus tertentu, leukopia bisa berkembang menjadi kanker mulut. Akan tetapi, kasus ini jarang terjadi.


  • Oral Thrush



Oral thrush merupakan infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur candida. Kondisi ini umumnya lebih banyak menyerang wanita daripada pria. Risiko terkena oral thrush akan lebih tinggi ketika seseorang memiliki riwayat diabetes, kekurangan zat besi atau vitamin B, memiliki daya tahan tubuh yang lemah akibat penyakit tertentu, atau menggunakan gigi palsu.


  • Kanker Lidah



Kanker lidah adalah penyakit kanker yang bermula dari sel-sel lidah. Kanker ini biasanya dimulai pada sel skuamosa tipis dan datar yang melapisi permukaan lidah. Gejala yang dirasakan berupa kesulitan menelan, nyeri di daerah yang terinfeksi, pendarahan di mulut, berat badan menurun, nyeri pada benjolan di lidah, dan timbulnya bercak merah atau putih di lidah.


  • Kanker Mulut



Kanker mulut biasanya ditandai dengan adanya sel skuamosa tipis yang melapisi bibir dan bagian dalam mulut, termasuk lidah.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/


Disqus Comments