Thursday, June 13, 2019

Hati-Hati! Inilah Akibat Makan Wortel Berlebihan


Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya kesehatan mata. Namun siapa sangka bahwa ternyata akibat makan wortel berlebihan membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi atau memberikan wortel pada buah hati Anda dalam jumlah yang wajar. Pasalnya, wortel memang menyehatkan, karena kandungan rendah kalori yang dimilikinya, serta nutrisi lainnya, seperti vitamin, serat, dan juga mineral. Namun, konsumsi wortel dalam jumlah yang melewati batas dapat memberikan efek samping yang cukup menganggu.

Berikut ini beberapa efek samping yang dapat terjadi apabila mengonsumsi wortel secara berlebihan :


  • Karotenemia



Bagi Anda yang sedang menjalani diet, wortel pastinya menjadi salah satu menu pilihan karena kandungan beta karoten yang dimilikinya. Beta karoten merupakan salah satu dari sedikit karoten yang dapat di ubah oleh tubuh menjadi vitamin A. vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata dan juga kekebalan tubuh Anda.

Dalam satu cangkir wortel cingcang mentah, terdapat sekitar 430 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin A untuk diet 2000 kalori. Sementara itu, satu gelas jus wortel sebanyak 8 ons memberikan lebih dari 2 kali lipat jumlah tersebut.

Pada dasarnya, mengosumsi wortel dalam jumlah yang banyak tidak akan membuat Anda mengalami kelebihan vitamin A, karena tubuh Anda hanya mengubah beta karoten sesuai kebutuhan. Namun, sebagian besar karoten dalam darah dapat menyebabkan karotenemia atau membuat kulit menjadi berwarna ke jingga-an. Kondisi ini tidak berbahaya dan akan menghilang secara bertahap dengan melakukan diet rendah karoten.


  • Perubahan Usus



Wortel merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber serat. Makanan ini baiknya dikonsumsi sebanyak 5 gram per hari. Perlu Anda ketahui bahwa serat merupakan nutrisi yang tidak larut, melainkan berfungsi untuk mengikat air dan meningkatkan pencernaan. Sebenarnya serat sangat bagus untuk pencernaan, namun dapat memberikan efek samping pada usus bila dikonsumsi secara berlebih.

Efek samping mengonsumsi wortel secara berlebihan adalah dapat mengganggu usus dan menyebabkan loose stool. Loose stool tidak sama dengan diare menurut Healthline. Gejala yang dialami berupa tinja berair dan tinja lunak. Hal tersebut disebabkan karena, sistem pencernaan Anda sedang menyesuaikan diri dengan asupan serat yang diterima dalam jumlah banyak. Selain itu, asupan serat tinggi yang tidak larut juga dapat menyebabkan terjadinya sembelit jika Anda tidak mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh untuk membantu serat agar bergerak melalui saluran usus.

Baca Juga : Cara Mudah untuk Mengatasi Sembelit

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/
Disqus Comments