Thursday, May 2, 2019

Cara Sikat Gigi yang Salah dapat Memicu Gigi Sensitif


Sering Bersihkan Mulut Picu Gigi Sensitif. Menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Akan tetapi, menyikat gigi terlalu sering juga sering kali menimbulkan kehawatiran tersendiri. Pasalnya beberapa orang menganggap bahwa, menyikat gigi terlalu sering dapat mengikis email gigi sehingga memicu gigi sensitif. Namun, dokter tetap menyarankan untuk menyikat gigi sebelum tidur. Ketakutan yang muncul akibat dugaan berbahaya menyikat gigi sering-sering sebenarnya adalah karena cara menyikat gigi yang salah. Cara sikat gigi yang salah akan mempengaruhi kondisi gigi dan gusi. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara menyikat gigi yang benar seperti yang akan dijelaskan pada ulasan berikut.

Tahapan Membersihkan Gigi yang Benar


Pertama-tama Anda perlu menyiapkan sikat gigi dan pasta gigi terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride serta sikat gigi yang sesuai dengan Anda. Sikat gigi yang memiliki ujung yang kecil akan memudahkan Anda untuk menjangkau bagian gigi terdalam.

Sebelum Anda menyikat gigi, ada baiknya untuk membersihkan lidah terlebih dahulu dengan alat pembersih lidah, atau yang biasanya terdapat dibawah bulu sikat pada sikat gigi. Membersihkan lidah penting untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menjadi penyebab bau mulut. Sama halnya dengan sikat gigi, membersihkan lidah juga dilakukan menggunakan pasta gigi. Bersihkan lidah Anda secara perlahan agar tidak melukai lidah Anda.

Baca Juga : Cegah Datangnya Asam Urat dengan Cara Ini

Setelah membersihkan lidah, mulailah menyikat gigi dengan cara seperti dibawah ini :

  • Posisikan bulu sikat gigi di dekat tepi gusi dengan membentuk sudut 45 derajat, kemudian sikat gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut Anda. Sikat gigi dengan gerakan melingkar dari atas kebawah selama 20 detik untuk setiap bagian.
  • Sikat seluruh bagian gigi, sehingga plak dan sisa makanan yang menyelip di gigi bisa hilang.
  • Bersihkan gigi bagian dalam dengan posisi sikat gigi vertikal, dan sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 2 atau 3 kali.
  • Jika Anda mulai menyikat gigi pada bagian gigi geraham atas, maka Anda akan menyelesaikannya pada gigi geraham bawah. Anda dapat menghabiskan waktu selama 2 hingga 3 menit untuk mennyikat seluruh bagian gigi Anda.
  • Terakhir, Bilas mulut Anda hingga bersih.
Diusahakan untuk tidak menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi, karena hal tersebut akan melukai gigi dan gusi Anda. Hal tersebut juga yang dapat menyebabkan terkikisnya email gigi, sehingga memicu timbulnya gigi sensitif.

Disqus Comments