Wednesday, May 15, 2019

Penyebab Mata Lelah dan Cara Mengatasinya


Mata lelah disertai pusing yang melanda merupakan suatu kondisi dimana mata Anda mengalami kelelahan akibat penggunaan yang intens. Beberapa penyebab mata lelah dan pusing di antaranya adalah, bekerja di depan komputer, mengendarai, atau membaca dalam waktu yang lama. Meskipun mata lelah jarang menimbulkan kondisi yang serius dan berbahaya. Namun Anda dapat melakukan pencegahan agar terhindar dari kelelahan mata saat bekerja.
Berikut ini cara mencegah dan mengatasi mata lelah secara mudah :

  • Atur Posisi dan Pencahayaan Komputer


Bekerja seharian di depan komputer dapat memicu kelelahan pada mata Anda. Saat Anda bekerja menggunakan komputer, sebaiknya Anda pastikan bahwa posisi Anda dengan komputer yang Anda gunakan berada dalam jarak yang Aman (yaitu 50 hingga 60 cm), agar cahaya dari layar komputer tidak mengganggu mata Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur pencahayaan layar komputer Anda dengan bantuan filter agar tidak terlalu terang dan menyakiti mata Anda.

  • Perhatikan Pencahayaan Ruangan


Untuk menghindari mata lelah, usahakan agar ruangan yang Anda tempati tidak terlalu terang agar tidak menyilaukan mata.

  • Kompres Mata Menggunakan Sendok Dingin


Anda dapat mengatasi mata lelah dengan cara mengompres mata Anda menggunakan sendok dingin atau sendok besi. Anda tidak perlu menggunakan es batu untuk mengompres mata secara langsung, melainkan cukup dengan sendok yang sebelumnya telah didinginkan di lemari es.

  • Menggunakan Irisan Kentang Dingin


Selain sendok dingin, Anda juga dapat mengompres mata lelah Anda dengan menggunakan irisan kentang yang dingin. Tempelkan irisan kentang tersebut ke mata terpejam Anda selama kurang lebih 15 menit untuk mengembalikan kesegaran mata.

  • Menggunakan Irisan Timun


Selain irisan kentang, irisan timun juga dapat Anda gunakan sebagai media untuk mengatasi mata lelah secara alami. Timun tidak hanya mampu mengatasi maat bengkak, tetapi juga dapat mengatasi mata lelah dan pusing. Sediakan 2 buah irisan timun, kemudian kompres mata lelah Anda menggunakan irisan timun tersebut selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air dingin agar mata kembali segar.

  • Menggunakan Kantong Teh


Kantong teh juga dapat menjadi alat kompresan lainnya untuk mengembalikan kesegaran mata yang lelah sekaligus meredakan pusing yang melanda. Sediakan 2 buah teh kantong, yang sebelumnya telah digunakan untuk menyeduh teh, kemudian tempel di mata terpejam Anda selama 20 menit. Anda juga dapat mendinginkan kantong teh di lemari es terlebih dahulu.

  • Menggunakan Air Mawar


Air mawar juga efektif dalam mengembalikan kesegaran mata Anda. Sediakan 2 lembar kapas, kemudian celupkan kedalam air mawar. Setelah itu, tempelkan ke mata terpejam Anda selama 15 menit agar mata kembali segar.
Disqus Comments