Friday, May 31, 2019

Upaya yang dapat Anda Lakukan untuk Mencegah Batuk


Batuk merupakan gejala suatu penyakit yang paling umum dan sering terjadi pada banyak orang tanpa memandang usia. Bahkan, bayi yang baru lahir pun memiliki kemungkinan untuk mengalami batuk-batuk. Pada dasarnya, batuk terdiri dari dua jenis, yakni batuk kering dan batuk berdahak. 

Batuk kering merupakan kondisi dimana seseorang mengalami batuk namun tidak disertai dengan keluarnya cairan kental berupa lendir (dahak). Batuk kering kerap menimbulkan rasa sakit dan juga perih pada tenggorokan. Sedangkan batuk berdahak merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami batuk yang disertai dengan keluarnya lendir atau dahak. batuk ini biasanya disertai dengan kondisi flu dan bersin-bersin.

Baca Juga : Sering Tertukar, Ini Dia Perbedaan Flu dan Pilek

Berikut ini merupakan upaya pencegahan batuk secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah :


  • Minum Air Putih


Minum air putih secara teratur merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mencegah batuk. Air putih atau air mineral dapat mebantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat, dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh. Selain itu, air putih hangat juga sangat baik untuk tenggorokan Anda, serta dapat mencegah terjadinya peradangan dan iritasi di tenggorokan akibat tenggorokan kering.


  • Hindari Asap Rokok



Cara mencegah batuk yang tak kalah penting adalah dengan menghindari asap rokok dimanapun Anda berada. Asap rokok, maupun polutan lainnya seperti asap pembakaran sampah atau asap kendaraan merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan batuk-batuk.


  • Langsung Minum Obat saat Tenggorokan Sakit



Batuk Biasanya ditandai dengan gejala berupa rasa sakit dan gatal pada bagian tenggorokan. ketika Anda mengalami gejala tersebut, maka jangan ragu lagi untuk mengonsumsi obat batuk atau sekedar permen pelega tenggorokan. Hal tersebut bertujuan agar rasa gatal dan juga kering di tenggorokan tidak akan berlanjut sehingga menimbulkan batuk.


  • Hindari Konsumsi Makanan atau Minuman Dingin dan Berminyak



Batuk juga dapat disebabkan oleh makanan yang masuk kedalam tubuh Anda. Biasanya mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin, terlalu manis, dan berminyak dapat menyebabkan batuk. Maka dari itu, hindari jenis makanan tersebut, terutama ketika Anda sedang mengalami batuk.


  • Gunakan Masker Apabila Bepergian



Melindungi hidung dan mulut menggunakan masker juga menjadi salah satu upaya untuk mencegah batuk ketika Anda sedang bepergian. Masker tersebut akan mencegah masuknya bakteri, virus, dan kuman penyebab batuk agar tidak terhirup dan masuk kedalam tubuh Anda.  Selain itu, masker juga dapat melindungi Anda agar tidak tertular ketika sedang berinteraksi dengan orang lain yang sedang batuk.

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/
Disqus Comments