Sunday, May 12, 2019

5 Manfaat Bunga Echinace untuk Kesehatan


Bunga echinacea atau yang juga dikenal dengan nama coneflower di Amerika, merupakan salah satu jenis bunga dari keluarga daisy. Bunga ini sering kali digunakan sebagai suplemen kesehatan. Manfaat bunga echinacea biasanya digunakan untuk membantu meredakan flu dan pilek. Ramuan bunga ini biasanya tersedia di berbagai toko obat dan pasar swalayan yang telah diolah dalam bentuk pil, teh atau ramuan herbal kering. Bunga ini memiliki kandungan zat adiktif yang kompleks, diantaranya adalah antimikroba. Sementara kandungan lainnya dipercaya berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa manfaat dari bunga echinacea yang baik untuk kesehatan :


  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh



Bunga echinacea memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Bunga ini dapat mencegah serangan flu serta menyembuhkannya dengan cepat ketika Anda terkena flu. Namun, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat untuk meningkatkan sistem imun, sebaiknya Anda hindari konsumsi echinacea. Hal tersebut disebabkan karena dikhawatirkan akan memberikan efek samping yang buruk untuk tubuh.


  • Meredakan Nyeri



Bunga echinacea juga kerap dimanfaatkan sebagai obat pereda rasa nyeri, seperti sakit kepala, sakit perut, sakit gigi, sakit tenggorokan, radang amandel, hingga nyeri akibat gigitan ular. Caranya adalah, sediakan bungan echinacea yang telah di keringkan, kemudian seduh, seperti menyeduh teh. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya kedalam menu makanan lainnya seperti saus pasta.


  • Membantu Mencegah Kanker



Penelitian dari National Institutes of Health (NIH) menyatakan bahwa bunga echinacea dapat membantu dalam mencegah sel kanker. Hal tersebut disebabkan karena, bunga ini memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu melawan tumor yang akan berkembang menjadi kanker. Namun, tanaman ini hanya sebatas obat pendamping saja. Penderita kanker tetap memerlukan pengobatan lainnya seperti pembedahan dan kemoterapi.


  • Membantu Menjaga Kadar Gula Darah



Bunga echinacea merupakan tanaman yang sangat bagus untuk menjaga kadar gula darah, khususnya untuk penderita diabetes. Bunga ini mampu untuk mengendalikan kadar gula darah di tubuh agar tetap dalam keadaaan normal. Hal tersebut juga bermanfaat untuk penderita gula darah rendah (hipoglikemia).


  • Mengatasi Masalah Pencernaan



Seperti kebanyakan tanaman herbal lainnya, bunga echinacea juga mampu mengatasi masalah pada pencernaan Anda. Selain bermanfaat sebagai obat pecahar, bunga ini juga dapat menimbulkan efek menenangkan pada pencernaan.

Baca Juga : 5 Manfaat Telur Rebus yang Jarang Diketahui

https://lingshenyao.id/obat-kanker-payudara/

Disqus Comments